oleh

Harga Cabai Merah di Pekanbaru Alami Kenaikan

-Metro-4 views

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Selang beberapa hari, harga cabai merah kembali mengalami kenaikan harga. Kondisi ini terjadi disebabkan banyaknya jumlah permintaan terhadap komoditi tersebut. Seperti di Pasar Sail, Jalan Hang Tuah, Pekanbaru.

Harga cabai merah naik menjadi Rp 40 per kilogramnya, dari harga sebelumnya Rp36 ribu perkilogramnya. Terjadi kenaikan sebesar Rp 4 ribu.

“Permintaan masyarakat terhadap cabai merah mulai meningkat. Kenaikan ini juga terjadi beberapa hari yang lalu,” kata Dwi, seorang pedagang sembako di pasar itu, Senin (13/06/2016).

Dia juga menyebutkan tingginya harga, juga terjadi pada cabai rawit yakni sebesar Rp 48 ribu per kilogramnya. Sedangkan cabai hijau juga masih bertahan diharga Rp40 ribu per kilogramnya.

Kondisi seperti ini, kadang sering kali terjadi pada saat Ramadan, karena biasanya jumlah permintaan masyarakat terhadap komoditi itu meningkat.

Sementara itu untuk harga bawang putih dan bawang merah masih sama dengan harga sebelumnya. Yakni bawang putih diharga Rp 48 ribu per kilogramnya  dan bawang merah masih Rp 40ribu per kilogramnya. Sedangkan untuk tomat, juga masih bertahan di harga Rp10 ribu per kilogramnya. Kentang Rp 13 perkilogramnya, terjadi kenaikan harga sebesar Rp 1.000, sejak 3 hari belakangan.

Selanjutnya, untuk harga daging masih bertahan di harga Rp120 ribu per kilogramnya. Harga ini turun dibanding pekan sebelumnya yang sempat naik diharga Rp130 ribu per kilogramnya.

Jon, salah seorang pedagang daging mengatakan penurunan harga daging ini tidak ada hubungannya denga suplai daging beku yang digelontorkan pemerintah. Sebab peminat daging dipasaran tidak terlalu melonjak.

“Karena banyak bermunculan pasar kaget. Masyarakat biasanya cenderung membeli di tempat itu ketimbang di pasar,” katanya.¬† Per harinya, dia menyediakan stok daging untuk dijual sebanyak 20 kilogram.

Lain halnya dengan ayam potong, pekan ini harganya bervariasi, dari Rp 25 ribu perkilogramnya, sampai Rp 26 ribu per kilogramnya. Perbedaan harga ini sengaja dipatok Roni, sesuai dengan ukuran ayam sesuai dengan ukuran ayam tersebut.

Untuk ayam dengan ukuran kecil dipatok dengan harga Rp25 ribu, sedangkan untuk ayam ukuran lebih besar dipatok pada harga Rp 26 ribu. Sedangkan harga ayam potong bersih berkisar diharga Rp33 ribu.