oleh

Kuota mudik gratis kereta Kemenhub 74 persen

SALISMA.COM (SC), JAKARTA – Kuota mudik gratis untuk sepeda motor yang diangkut dengan kereta api program Kementerian Perhubungan telah mencapai 74 persen.

“Sekarang sudah 74 persen, sekitar 11.600 motor yang akan diangkut. Bagi masyarakat yang ingin mendaftar masih kita buka kesempatan sampai 16 Juli,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Prasetyo Boeditjahjono usai memimpin upacara gelar pasukan angkutan Lebaran 2016 di Stasiun Besar Gambir, Jakarta Pusat, Jumat.

Ia menuturkan kuota mudik gratis untuk sepeda motor tahun ini meningkat tiga kali dibandingkan pada 2015, yakni dari 5.000 menjadi 15.000 sepeda motor.

Penambahan kuota ini bertujuan mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jauh selama arus mudik dan balik Lebaran.

“Ini menunjukkan tekad pemerintah mengurangi risiko terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan,” ujar Prasetyo.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto mengemukakan telah menambah jumlah anggaran yang signifikan guna meningkatkan pelayanan program mudik gratis Lebaran 2016.

Kementerian Perhubungan menganggarkan dana Rp20 miliar atau meningkat empat kali dibandingkan 2015 untuk program mudik gratis.

Selain menurunkan angka kecelakaan, program mudik gratis akan mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas. (antara)