oleh

RPH Pekanbaru Tingkatkan Pemotongan Sapi hingga 40 Persen

-Metro-9 views

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Dinas Peternakan Kota Pekanbaru mengatakan Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Pekanbaru memasuki H-12 Ramadan 1437 Hijriah meningkatkan pemotongan sapi hingga 40 persen.

“Peningkatan pemotongan mulai nampak sebesar 15 persen sejak H-11 jelang Ramadan 1437 H,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru, El Syabrina, di Pekanbaru, Jumat (24/6).
El Syabrina menjelaskan untuk mengantsipasi peningkatan permintaan daging sapi dimasyarakat Pekanbaru selama Ramadan hingga Idul Fitri, RPH juga menyesuaikan jumlah sapi yang dipotong. Tiap pekan sudah diproyeksi peningkatannya 5 persen. Bahkan RPH sebut El demikian sapaan akrab awak media, memasuki pekan ketiga pemotongan akan naik 40 persen dari hari biasa.
“Jika pada hari biasa jumlah pemotongan sapi di Rumah Potong Hewan (RPH) hanya 25-30 ekor sapi perhari, maka akan menjadi 40-45 ekor,” jelasnya. Selanjutnya untuk mengantisipasi pasokan, sejauh ini pengusaha sapi yang berasal dari Lampung dan Medan sudah menyanggupi untuk menjamin stok.
Menurut El sapi-sapi ini akan dipasok oleh perusahaan besar yang menjadi distributor Pekanbaru. Sumbernya berasal dari dua provinsi yakni Lampung dan Medan. El juga  menambahkan sapi terbanyak didatangkan dari Lampung sementara Medan sisanya.
“Lampung memasok 55 persen sapi ke Pekanbaru, dan 45 persen dari Medan,” ujarnya. Karena itu ia mengimbau agar masyarakat tidak perlu kuatir akan stok dan ketersediaan daging sapi.
Sehingga tidak perlu ada aksi borong, atau bahkan penimbunan yang mengarah kepada timbulnya kepanikan pasar. Karena ini akan mendorong harga pasar bergejolak. “Kami jamin stok aman,” tambahnya.
Ia menambahkan pemasok telah menyediakan stok 6.000 ekor sapi untuk memenuhi kebutuhan daging diwilayah setempat selama Ramadan hingga Idul Fitri 1437 H. “Kami jamin stok daging aman selama Ramadan hingga kebutuhan Idul Fitri, karena ada 6.000an ekor yang siap dipasok ke Pekanbaru,” tutupnya.