oleh

Harga Daging dan Telur Menjelang Lebaran Cenderung Stabil

-Metro-6 views

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Lebih kurang sepekan menjelang lebaran Idul Fitri 1437 H, harga ayam potong masih stabil diharga biasa. Meski sebelumnya, sebalum puasa mengalami kenaikan, hingga saat ini kenaikan harga ayam masih sama dengan pekan-pekan sebelumnya yakni Rp24 ribu, Rp25 ribu hingga Rp26 ribu per kilogramnya.

“Biasanya beberapa hari menjelang Ramadan, kalaupun ada kenaikan tapi mungkin tidak terlalu tinggi,” kata Ade, salah seorang pedagang ayam di Pasar Palapa Pekanbaru, Senin (27/06/2016).

Dia memperkirakan, jikapun terjadi kenaikan harga ayam potong, kemungkinan mentok di harga Rp27 ribu perkilogram. Sementara itu, untuk jumlah permintaan masyarakat terhadap ayam potong selama bulan Ramadan memang terjadi peningkatan lebih kurang 20% sampai 30%.

Kondisi serupa juga terjadi pada harga telur ayam. Hingga saat ini belum ada gejolak kenaikan harga telur di pasaran. Setelah sebelumnya harga telur mengalami kenaikan dari Rp30 ribu ke Rp40 ribu, hingga saat ini harga telur masih bertahan diharga tersebut.

“Kenaikan harga telur sebelumnya terjadi karena meningkatnya permintaan masyarakat terhadap komuditi itu. Sebab menjelang masuknya lebaran, kebutuhan mayarakat untuk membuat kue lebaran memberi pengaruh terhadap kenaikan harga telur,” kata Fitri, salah seorang pedagang telur di pasar itu.

Sementara itu untuk harga daging, dikatakan Man seorang pedagang Daging, hingga saat ini juga belum ada mengalami gejolak harga. Hingga saat ini harga daging masih bertahan di Rp120 ribu.

“Biasanya jelang lebaran bisa jadi naik, sampai 130 ribu per kilogramnya. Tergantung pasokan sapi. Kalau banyak sapinya bisa dipastikan harga masih akan tetap normal,” katanya.