oleh

BRI Resmi Kantongi 99 Persen Saham BTMU-BRI Finance

-News-5 views

SALISMA.COM (SC), JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk resmi meningkatkan kepemilikan sahamnya di PT BTMU-BRI Finance (BBF) dari hanya 45 persen menjadi sebesar 99 persen.

Dalam keterbukaan informasi, Rabu (13/7), peningkatan kepemilikan saham ini sesuai dengan kesepakatan awal dalam perjanjian jual beli saham bersyarat (PPJB) antara BRI dengan pemegang saham lainnya, yakni Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ LTD.

Setelah penandatanganan PPJB ini, Yayasan Kesejahteraan Pekerja (YKP) BRI juga akan memiliki satu persen saham BTMU BRI Finance. Sebelum PPJB ini, BTMU mengempit saham mayoritas BBF sebesar 55 persen, dan BRI hanya 45 persen.

Sekretaris Perusahaan BRI Hari Siaga Amijarso mengatakan, transaksi tersebut tidak melebihi 20 persen ekuitas BRI. “Sehingga, bukan merupakan transaksi material dan transaksi afiliasi,” ujarnya.

Menurut dia, penandatanganan PPJB belum memiliki dampak atas kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan atau kelangsungan usaha BRI.

Pengalihan saham baru akan terjadi jika seluruh syarat dalam PPJB dipenuhi sesuai peraturan yang berlaku dan akta jual beli saham telah ditandatangani.

“Apabila jual beli saham telah berlaku secara efektif, maka BRI akan menjadi pemegang saham pengendali BBF,” imbuh dia.

Setelah transaksi, dia mengungkapkan, perseroan akan memberikan dukungan, baik dari sisi permodalan, kerja sama distribusi, serta pengembangan produk. BRI akan menerapkan tata kelola terintegrasi dengan BBF.

“Adanya perusahaan anak yang bergerak di bidang pembiayaan diharapkan dapat mendukung tercapainya aspirasi BRI untuk menyediakan layanan keuangan terintegrasi,” pungkasnya. (CNN Indonesia)