oleh

Tujuh Gejala Diabetes yang Jarang Diketahui

-News-6 views

SALISMA.COM (SC), JAKARTA -Diabetes adalah penyakit metabolik yang kini banyak mengintai warga urban, terutama mereka yang punya gaya hidup kurang aktif. Banyaknya asupan karbohidrat ditambah porsi olahraga yang kurang serta pola hidup tidak sehat, termasuk merokok dan bergadang, membuat tubuh menyimpan banyak cadangan gula, yang pada akhirnya memicu timbulnya diabetes tipe-2.

Cara paling akurat mengetahui seseorang terkena diabetes atau tidak, adalah dengan melakukan tes darah di laboratorium. Namun, ada beberapa gejala yang berasosiasi dengan diabetes yang banyak beredar di masyarakat seperti sering buang air kecil, mudah lelah dan mengantuk atau mudah merasa haus. Selain gejala-gejala tersebut di atas, ada beberapa gejala lain yang kurang banyak diketahui, namun harus diwaspadai.

Berikut merupakan tujuh gejala diabetes yang jarang diketahui, dilansir Boldsky:

1. Napas beraroma

Beberapa penelitian menyebutkan, mereka yang mengidap diabetes punya aroma nafas yang ‘manis’. Berbeda dengan bau mulut, aroma nafas penderita diabetes tercium manis karena tingginya kadar gula darah.

2. Mudah infeksi dan terserang flu

Mereka yang mengidap diaberes umumnya rentan terhadap serangan bakteri dan virus sehingga mudah terkena infeksi dan flu.

3. Kebas dan kesemutan

Umumnya, rasa kebas dan kesemutan diasosiasikan dengan asam urat. Namun, pada beberapa kasus, banyak penderita diabetes yang kerap merasakan kebas dan kesemutan di persendian.

4. Mudah gatal

Tingginya kadar gula dalam darah bisa menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang, termasuk rasa gatal di bagian tangan dan kaki. Selain itu, diabetes juga membuat sirkulasi darah tidak lancar sehingga kulit terasa kering.

5. Perubahan daya penglihatan

Diabetes dekat kaitannya dengan daya penglihatan. Jika terjadi perubahan daya penglihatan secara tiba-tiba, bisa jadi itu karena kadar gula darah sedang tinggi. Lebih baik segera periksakan diri ke dokter.

6. Perubahan daya pendengaran

Selain penglihatan, studi juga mengungkap bahwa diabetes bisa memengaruhi pembuluh darah dan saraf di telinga, yang mengganggu daya pendengaran.

7. Gangguan kulit

Abnormalitas kadar insulin dalam tubuh bisa menimbulkan berbagai permasalahan pada kulit, mulai dari jerawat, bintik hitam, hingga timbulnya keriput dini. (CNN INDONESIA.com)