oleh

Lagi, Wakil Rakyat Sumut Digarap KPK

-News-8 views

SALISMA.COM (SC), JAKARTA – Anggota DPRD Sumatera Utara Fraksi PDI Perjuangan Augus Napitulu, Fraksi Gerindra Ari Wibowo dan Fajar Waruwu, serta Fraksi Golkar Arota Lase dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (25/7).

Mereka diperiksa dalam kasus suap mantan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho kepada sejumlah anggota DPRD Provinsi Sumut periode 2009-2014 dan 2014-2019. Suap itu terkait pembahasan APBD Sumut serta pembatalan pengajuan hak interpelasi.

Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha mengatakan, saksi akan diperiksa untuk tersangka anggota DPRD Sumut Muhammad Afan. “Mereka diperiksa untuk tersangka MA,” kata Priharsa, Senin (25/7).

Penyidik masih terus mengembangkan kasus ini. Sejumlah anggota DPRD maupun pejabat Pemerintah Provinsi Sumut sudah pernah digarap penyidik komisi antirasuah.

Bahkan, dalam kasus ini, anggota DPRD Sumut Evi Diana yang merupakan istri Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi sudah pernah mengembalikan uang diduga suap kepada KPK.

Awalnya, KPK telah menetapkan enam tersangka dalam dugaan suap ini. Yakni, Gatot, Ketua DPRD Sumut, Ajib Shah, mantan Ketua DPRD Sumut, Saleh Bangun, dan mantan Wakil Ketua DPRD Sumut, Chaidir Ritonga, Kamaludin Harahap dan Sigit Pramono Asri. Mereka telah divonis.

Lalu, 16 Juni 2016 penyidik lembaga antirasuah menetapkan tujuh tersangka baru dari kalangan dewan. Mereka adalah Muhammad Afan dan Budiman Nadapdap dari Fraksi PDI-P, Guntur Manurung dari Fraksi Demokrat, Zulkifli Effendi Siregar dari Fraksi Hanura, Bustami dari Fraksi PPP, Parluhutan Siregar serta Zulkifli Husein dari Fraksi PAN. (JPNN.com)