oleh

Manor Racing Pastikan Rio Haryanto Balapan di GP Jerman

SALISMA.COM (SC), JAKARTA – Manor Racing memastikan akan menurunkan pembalap Formula One (F1) asal Indonesia, Rio Haryanto, pada GP Jerman meski belum melunasi separuh dari uang perjanjian kontrak.

Kepastian itu diungkap Manor dalam akun Twitter-nya, yang menyatakan Rio akan tetap membalap bersama rekan setimnya, Pascal Wehrlein, di sirkuit Hockenheim pada 31 Juli mendatang.

“Akhirnya kami akan kembali balapan di Hockenheim, Jerman untuk pertama kalinya sejak dua tahun terakhir. Balapan (GP Jerman) tahun lalu dibatalkan, tapi Grand Prix Jerman membuat kami sangat menantikan agenda akhir pekan ini,” tulis Manor dalam akun Facebook-nya, Kamis (28/7). ¬†Seperti dikutip dari F1i.com, Rio Haryanto dipersiapakan Manor untuk balapan di GP Jerman akhir pekan ini setelah dana yang diperlukan telah diamankan.

Pembalap berusia 23 tahun sukses mengambil kursi pembalap terakhir Manor untuk tahun ini, mengalahkan Alexander Rossi dan Will Stevens , setelah mendapatkan dukungan dari Pemerintah Indonesia dan perusahaan migas pelat merah, PT Pertamina (persero).

Namun, ia sejauh ini baru melunasi separuh dari total dana yang diminta Manor 15 juta euro untuk bisa balapan semusim penuh. Dengan hanya menyetor dana sekitar 7,5 juta euro, posisi Rio sebagai pembalap uatam Manor sebenarnya hanya aman untuk 11 balapan pertama musim ini, yaitu sampai Grand Prix Hungaria akhir pekan lalu.

Sementara Autosport melaporkan, Rio bersama Pascal dipastikan balapan bersama di Hockenheim setelah mendapatkan dana segar. Namun,
Motorsport.com menegaskan, kesepakatan yang dibuat Manor dengan penyokong dana Rio hanya cukup untuk mengamankan posisi pembalap Indonesia itu hingga balapan akhir pekan ini.

Dengan demikian, Rio hanya diberikan waktu hingga liburan musim panas berakhir untuk menghimpun dana guna melunasi sisa kekurangan pembayaran.

Usai balapan di Budapest, Hungaria, dikabarkan McLaren-Honda tertarik untuk menempatkan pembalap cadangannya Stoffel Vandoorne di Manor guna menggantikan posisi Rio yang terancam. Namun, rumor tersebut dibantah oleh tim yang berbasis di Woking, Ingrris itu.

Pembalap lain yang juga mengincar posisi Rio adalah Alexander Rossi, yang saat ini disiapkan sebagai cadangan pengganti Rio atau Pascal. Pembalap berusia 24 tahun asal Amerika Serikat ini mengklaim sudah pantas menggeser Rio, berbekal kemenangannya di ajang IndyCar seri Indianapolis 500 pada Mei lalu.

(CNN INDONESIA.com)