oleh

Manfaat Berjualan di Bulan Ramadan

SALISMA.COM – Bulan puasa, banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk membuka usaha sampingan dengan berjualan, baik itu bisnis kuliner hingga pakaian. Mereka seolah tak ragu untuk memasarkan produk yang dijualnya dengan berbagai macam cara, mulai dari berjualan di bazar Ramadan hingga secara online dengan alasan kepraktisan.

Namun jualan tersebut tak hanya bertujuan untuk meraup keuntungan semata, ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan menjadi penjual ‘dadakan’ seperti yang dituturkan oleh pakar usaha kecil menengah (UKM) Iim Rusyamsi. Apa saja?

1. Belajar Berbisnis
Bagi para wirausahawan yang baru merintis bisnisnya, berjualan di bulan Ramadan bisa menjadi sarana untuk belajar berbisnis. Anda dapat memahami bagaimana menjalankan bisnis yang baik dan benar, serta memahami hal-hal atau kemungkinan apa saja yang terjadi selama menjalani bisnis.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mempelajari karakter dari setiap kompetitor sehingga Anda bisa memikirkan solusi untuk mengatasi persaingan tersebut. Misalnya, menciptakan kreasi kuliner baru atau menjual pakaian dengan keunikan tersendiri.

2. Memperluas Networking
Berjualan menuntut kita untuk berinteraksi dengan orang-orang yang belum pernah ditemui sebelumnya. Hal ini membuat Anda mampu membangun jaringan pertemanan dengan orang-orang yang sudah berkecimpung di dunia bisnis.

“Kita bisa menjalin pertemanan dengan pemasok, sesama pedagang, dan dengan pelanggan. Dari situ bisa tercipta suatu pertemanan atau memungkinkan untuk merintis bisnis baru,” jelas Iim saat seperti dikutip dari Wolipop

3. Saling Membantu
Berjualan tak sekadar mencari untung saja, namun ada juga sifat sosial di dalamnya. Misalnya, dengan berjualan aneka takjil untuk berbuka puasa seperti kolak, es buah, atau makanan lainnya, Anda bisa membantu orang-orang yang memang tidak sempat menyiapkan makanan lantaran kesibukannya masing-masing. Begitu pula dengan berjualan pakaian, secara tidak langsung Anda juga telah membantu mereka mendapatkan baju baru sehingga tak harus bersusah payah untuk pergi ke pusat perbelanjaan.()