oleh

Jokowi: Indonesia Harus Berani Keluar dari Zona Nyaman

SALISMA.COM (SC), JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Indonesia harus berani keluar dari zona nyaman guna memenangkan persaingan di era persaingan global.

“Tanpa keberanian kita keluar dari zona nyaman, kita akan terus dihadang oleh kemiskinan, pengangguran, ketimpangan dan kesenjangan sosial,” tegas Jokowi dalam Pidato Kenegaraannya di hadapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Selasa (16/8).

Untuk itu, Jokowi menekankan pentingnya kreatifitas, optimisme, bahu membahu, dan terobosan-terobosan kebijakan. Semua itu demi mempercepat pembangunan nasional, demi meningkatkan daya saing bangsa.

“Diperlukan langkah-langkah terobosan, diperlukan kecepatan kerja, diperlukan lembaga-lembaga negara¬† yang kuat dan efektif untuk mengatasi tiga masalah
utama bangsa tersebut,” jelasnya.

Dalam konteks hubungan kelembagaan, Presiden menyambut baik gagasan MPR untuk mengkaji sistem perencanaan pembangunan nasional jangka panjang. Menurutnya, hal itu diharapkan dapat mendukung perencanaan pembangunan yang lebih terintegrasi, berwawasan ke depan, dan berkesinambungan.

Selain itu, lanjutnya, sepanjang tahun ini DPR bersama Pemerintah telah menyusun dan melahirkan 10 Undang-Undang (UU), yang antara lain fokus pada penguatan ekonomi seperti UU Tabungan Perumahan Rakyat UU Amnesti Pajak, UU Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidayaan Ikan dan Petambak Garam.

 

(CNN INDONESIA.com)