oleh

Pesawat Terbesar di Dunia Memulai Penerbangan Perdana

-Ekonomi-13 views

SALISMA.COM (SC), LONDON – Pesawat terbesar di dunia, Airlander 10, menghabiskan waktu 20 menit di udara dalam penerbangan perdananya pada Rabu (17/8/2016) waktu setempat. Sebelumnya, pesawat itu menjalani persiapan penerbangan selama berbulan-bulan dan pencarian pendanaan selama bertahun-tahun.

Airlander 10 melakukan pendaratan dengan sempurna di Cardington Airfield, utara London. Awalnya, penerbangan perdana Airlander 10 dijadwalkan pada Minggu (14/8/2016), namun ditunda dengan alasan permasalahan teknis.

Airlander, dibuat oleh perusahaan Inggris Hybrid Air Vehicles, memiliki empat mesin dan tidak ada struktur internal. Bentuk pesawat ini dihasilkan dari tekanan 38.000 meter kubik helium di dalam badan pesawat yang terbuat dari serat karbon yang sangat ringan.

Pesawat ini awalnya dirancang untuk kebutuhan militer AS. Akan tetapi, proyek pesawat ini terbengkalai pada tahun 2013 karena pemangkasan anggaran pertahanan. Hybrid Air Vehicles kemudian memperoleh 3,4 juta poundsterling atau 4,4 juta dollar AS melalui dua kampanye pendanaan crowd funding.

Perusahaan ini juga menerima dana dari Uni Eropa dan pendanaan dari pemerintah Inggris. Airlander diharapkan dapat digunakan dalam berbagai kegiatan komersial.

Tim yang berada di balik proyek Airlander pun menyatakan pesawat itu bisa mengangkut perangkat komunikasi atau kargo lainnya, melakukan operasi SAR, maupun pekerjaan survei militer atau komersial.

Airlander bisa mengangkut 10 ton kargo dengan kecepatan maksimum 91 mil per jam. Yang unik, pesawat ini tidak memerlukan landas pacu saat take off, berarti pesawat ini bisa beroperasi dari darat, salju, es, gurun pasir, hingga perairan terbuka.

 

(KOMPAS.com)