oleh

Bantu NASA Buat Robot Berhadiah Rp 13,1 Miliar

-Tekno-7 views

SALISMA.COM (SC), JAKARTA – NASA mengumumkan telah membuka pendaftaran kompetisi Space Robotics Challenge untuk mengembangkan program salah satu robotnya yang bakal dikirim ke Mars. Hadiahnya tak tanggung-tanggung, yakni US$1 juta atau setara Rp13,1 miliar.

Kompetisi ini dibuka untuk umum, di mana mereka akan diberi tugas mengembangkan pemrograman Robot Valkyrie yang menyerupai manusia (humanoid) agar bisa berfungsi di Mars.

Pada awal Mei kemarin NASA memang sempat mengumumkan pengembangan purwarupa Valkyrie untuk mengerjakan tugas berbahaya di antariksa.

Valkyrie yang tingginya 1,8 meter ini kini diharapkan NASA bisa ditingkatkan kemampuannya agar kuat saat diterpa badai debu Mars yang ganas.

Mengutip situs Popular Science, para kontestan kompetisi NASA juga harus membuat Valkyrie mampu menyelaraskan sistem komunikasi, memperbaiki susunan panel surya dan kebocoran di habitat Hab.

Babak akhir kompetisi ini akan berlangsung pada Juni 2017 mendatang.

Sekadar diketahui, Valkyrie pertama kali dirancang oleh tim teknisi di Johnson Space Center NASA. Awalnya purwarupa Valkyrie didesain pada 2013 untuk kompetisi tahunan robotik yang diselenggarakan oleh lembaga DARPA.

Valkyrie aslinya dirancang sebagai pertolongan saat peristiwa bencana alam di Bumi. Ia bisa berjalan, memanjat, menjaga keseimbangan jika berdiri dengan satu kaki, dan menavigasikan ruangan.

Perangkat ini dilengkapi oleh 200 sensor, di mana 38 sensor tersebar di dua tangannya, serta 4 kamera yang disematkan di tubuhnya untuk merasakan kondisi sekitarnya secara real-time.

 

(CNN INDONESIA.com)