oleh

Iran Kerahkan Rudal S-300 untuk Menjaga Situs Nuklir

-News-8 views

SALISMA.COM (SC), JAKARTA – Teheran mengerahkan sistem rudal jarak jauh yang baru saja dikirimkan dari Rusia ke wilayah Iran tengah, untuk melindungi fasilitas nuklir Fordo.

Seperti dilansir stasiun Iran, IRIB, pada Minggu (28/8), pemimpin angkatan udara Iran Jenderal Farzad Esmaili mengatakan bahwa melindungi fasilitas nuklir adalah yang terpentng “dalam semua situasi.”

“Saat ini, wilayah udara Iran adalah salah satu yang teraman di kawasan,” kata Esmaili.

Sebuah video menunjukkan truk pembawa S-300 di Fordo, dengan arah peluncur menghadap ke udara, bersebelahan dengan sistem pertahanan udara lainnya.

Video ini dipublikasikan beberapa jam setelah Pemimpin Tertingi Iran Ayatollah Khamenei memberi pidato kepada para komandan angkatan udara termasuk Esmaii. Dalam pidato, ia menekankan bahwa kekuatan militer Iran hanya untuk tujuan pertahanan.

“Perlawan dan publikasi terus-menerus soal S-300 atau situs Fordo adalah conton kejahatan para musuh,” kata Khamenei. “Sistem S-300 adalah sistem pertahanan, bukan serangan, namun Amerika melakukan segalanya ahar Iran tak memilikinya.”

Situs Fordo yang dibangun dekat Kota Qom telah berhenti melakukan pengayaan uranium sejak implementasi kesepakatan nuklr Iran dengan negara-negara adidaya dunia.

Di bawah kesepakatan itu, Iran diperkirakan menghilangkan sekitar 19 ribu centrifuge—mesin yang mengayakan uranium, dan hanya menyimpan sekitar 5.000 untuk tujuan penelitian.

Iran, dan AS, Inggris, China, Perancis, Jerman dan Rusia melakukan negosiasi selama lebih dari dua tahun hingga akhirnya menandatangani kesepakatan bersejarah pada Juli 2015. Sebagai imbalan pembatasan program nuklir, sanksi-sanksi terhadap Iran dicabut.

 

(CNN INDONESIA.com)