oleh

Ahok: Bazaar Art Jakarta ajang promosi seniman lokal

-Lifestyle-121 views

SALISMA.COM (SC), JAKARTA – Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menilai penyelenggaraan kegiatan pameran seni Bazaar Art Jakarta (BAJ) 2016 menjadi ajang promosi bagi para seniman lokal yang ada di Tanah Air.

“Acara BAJ 2016 ini merupakan ajang promosi karya-karya seni. Jadi, semua seniman lokal harus manfaatkan acara ini sebaik-baiknya, termasuk seniman-seniman dari Jakarta,” kata Ahok saat membuka kegiatan BAJ 2016 di The-Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Kamis malam.

Oleh karena itu, dia berharap kegiatan BAJ dan berbagai kegiatan serupa lainnya terus diadakan di Kota Jakarta.

Dia pun menawarkan promosi kegiatan tersebut melalui papan iklan elektronik (LED) milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara gratis.

“Kalau mau, boleh promosi di papan-papan LED milik Pemprov DKI secara gratis. Yang penting, semua yang hadir disini taat bayar pajak. Dengan pajak, kita bisa bantu meningkatkan taraf hidup warga Jakarta,” ujar Ahok.

Sementara itu, Counselor BAJ 2016 sekaligus CEO MRA Group Soetikno Soedarjo menuturkan kegiatan BAJ 2016 merupakan bukti bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan pameran seni bertaraf internasional.

“Bazaar Art Jakarta pertama kali diadakan pada tahun 2009 dan pada tahun ini telah menjadi art fair serta art hub terbesar di Asia Tenggara. Ini bukti bahwa Indonesia bisa punya art fair bertaraf internasional,” tutur Soetikno.

Pada kesempatan yang sama, Deputy Fair Director BAJ 2016 Ria Lirungan mengungkapkan selain memamerkan karya seni, kegiatan itu juga menggelar Art Charity Auction yang merupakan program penggalangan dana untuk Yayasan Seni Rupa Indonesia.

“Dalam Art Charity Auction, sejumlah seniman kaliber Indonesia akan melelang karya seninya, seperti tas, sepatu, skateboard, longboard dan helm Zulu pada Minggu, 28 Agustus 2016,” ungkap Ria.

Kegiatan BAJ 2016 diselenggarakan di The-Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta mulai 25 hingga 28 Agustus 2016 dengan tema Food For Soul #IndonesianPride yang menghadirkan lebih dari 1.500 karya seni.

Perhelatan seni tersebut didukung oleh 42 galeri nusantara dan mancanegara. Sebanyak 19 diantaranya merupakan galeri lokal, diantaranya Galeri Paskal, Zola Zulu, Andrew Art and Gallery, Artsphere, Canna, Puri Art dan lain-lain.

Selain itu, ada pula 23 galeri mancanegara yang turut meramaikan ekshibisi tersebut, antara lain berasal dari Amerika Serikat, Taiwan, Singapura, Korea, Perancis, Malaysia, Filipina, Jepang, Hong Kong dan Spanyol.

 

(ANTARANEWS.com)