oleh

Iron Knight, Truk Tercepat di Dunia dari Volvo

-Tekno-6 views

SALISMA.COM (SC), JAKARTA – Ini adalah sebuah kesatria besi, sesuai dengan namanya Iron Knight dan menjadi truk paling cepat di dunia usai uji coba di pekan terakhir Agustus 2016. Iron Knight ibarat sebuah kuda poni yang menawan yang bisa berlari dengan kecepatan tinggi.

Divisi Volvo Truck bisa sedikit sombong dengan teknologi yang diterapkan di truk ini untuk beberapa tahun terakhir seperti diperlihatkan dalam beberapa video resmi keluaran Volvo sebelumnya dengan Magnus Samuelsson (orang terkuat di dunia yang melakukan penarikan 750 ton truk Volvo dari pabrik), Charlie (seekor hamster yang mengemudikan truk) dan Jean-Claude Van Damme sebagai bintangnya.

Namun, khusus untuk Iron Knight, aksi kali ini sangat impresif dan mampu menyelamatkan segala aspek yang ada di divisi Volvo Truck.

Siap melaju di garis start, Iron Knight memecahkan rekor jarak 1.000 meter dengan waktu 21.29 detik di kecepatan maksimum 171 mil/jam (276 km/jam), dengan rata-rata kecepatan di atas 100 mil/jam; Iron Knight telah menorehkan rekor baru untuk jarak 500 meter.

Volvo akan melakukan sprint untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dengan waktu 4,6 detik, yang mana hal itu sama dengan akselerasi Porsche 911 Carrera. Hal yang sangat luar biasa bagi kendaraan dengan berat berkisar lima ton.

Membenamkan mesin tengah dengan kubkasi 13 liter enam silinder diesel dan empat turbochargers juga intercooler membuat Iron Knight menghasilkan tenaga luar biasa, 2.400 tenaga kuda dan torsi 4.425. Konsep aerodinamis cabin, fiberglas, wipers dan komponen elektronik lainnya dibenamkan di truk ini.

Namun, aksi ini bukan soal pemecahan rekor, atau menyombongkan diri dengan hasil rekayasa para insinyur Volvo. Ini adalah aksi bagi Volvo memperlihatkan transmisi Volvo I-Shift Dual Clutch dan tidak seperti Iron Knight yang serba baru, khusus untuk transmisi tidak ada modifikasi karena menjadi salah satu yang terbaik yang pernah ada dan menjadi transmisi mobil-mobil balap.

Akselerasi yang lembut dari transmisi memberikan pabrikan sebuah aplikasi baru ke dalam sebuah truk untuk memberikan tambahan kekuatan dalam perpindahan gigi.

Rekor Iron Knight pertama diberikan di 1994 oleh FIA European Truck Racing kepada Boije Ovebrink yang menjadi pebalap Volvo saat itu. Lewat Ovebrink, Volvo menjadi salah satu produsen truk yang paling cepat mengaplikasikan teknologi terbaru, mulai dari akselerasi hingga handling luar biasa bahkan mampu dikemudikan seekor hamster.

 

(CNN INDONESIA.com)