oleh

Alasan Rudiantara Usul Jack Ma jadi Penasihat e-Commerce

-News-13 views

SALISMA.COM (SC), JAKARTA – Permintaan kepada pendiri dan founder Alibaba Jack Ma untuk menjadi salah satu anggota komite pengarah ekonomi, khususnya di bidang e-Commerce, berasal dari usulan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

Menurut Rudiantara peran penasihat sekaliber Jack Ma diperlukan untuk mengangkat industri e-commerce ke lanskap internasional.

“Saya mengusulkan Jack Ma sebagai penasihat. Kita harus memperkenalkan e-commerce Indonesia agar dilirik internasional dengan harapan ada investor yang mau endorse produk-produk Indonesia,” ujar Rudiantara kepada sejumlah wartawan.

Pertemuan Rudiantara dengan Jack Ma di Hangzhou, China, membahas rencana pemberdayaan Unit Kecil Menengah (UKM) agar dapat bersaing di pasar China dan global.

Rudiantara berargumen kebesaran nama Ma dalam dunia e-commerce dapat menular ke industri di Indonesia.

Rudiantara menambahkan anggota komite pengarah yang ia usulkan tak hanya berisi Ma seorang. Beberapa tokoh nasional dan internasional lain yang akan mengisi kursi komite tersebut.

“Target terbentuknya komite pengarah tersebut tahun ini,” tutur Rudiantara.

Ambisi Menkominfo mengibarkan bendera e-commerce dalam negeri ke pasar global wujud dari target pemerintah pada 2020.

Pada tahun tersebut, pemerintah bersama Nurbaya Inisiatif menargetkan menciptakan 8 juta UKM dan memperoleh pemasukan 130 miliar dolar AS dari industri e-commerce.

Pemerintah berencana mengajak e-commerce lokal seperti Tokopedia dan Bukalapak serta agregator Nurbaya Inisiatif untuk terhubung dengan Tmall. “Untuk melindungi UKM kita juga,” tutup Rudiantara.

 

(CNN INDONESIA.com)