oleh

Kunjungan Kelima Jokowi ke Papua

-News-114 views

SALISMA.COM (SC), JAKARTA – Presiden Joko Widodo tiba di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (17/10). Ini merupakan kunjungan kerja Jokowi kelima ke provinsi tersebut setelah dilantik menjadi orang nomor satu di Indonesia, Oktober 2014.

Menurut jadwal yang dirilis Sekretariat Presiden, Jokowi dijadwalkan meresmikan enam infrastruktur kelistrikan di Papua dan Papua Barat.

Enam infrastruktur itu adalah Pembangkit Listrik Tenaga Air Orya Genyem, Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro Prafi, Saluran Udara Tegangan Tinggi yang membentang dari Genyem, Waena hingga Jayapura serta Gardu Induk untuk kawasan Waena-Sentani dan Jayapura.

Selasa besok, Jokowi bakal meresemikan Bandara Nop Goliat Dekai di Kabupaten Yahukimo. Pesawat kepresidenan telah mendarat di bandara yang merupakan satu dari tujuh bandara perintis, penghubung 617 desa di pegunungan tengah Papua itu.

Terakhir, Jokowi juga akan meninjau proses pembangunan Pasar Mama-Mama di Jayapura.

Pagi tadi, setibanya di Bandara Sentani, Jokowi menghadiri ke acara Pemberian Makanan Tambahan untuk penduduk Sentani. Merujuk data Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, angka gizi buruk di Kayapura mencapai 0,03 tiga persen. Angka itu berada di bawah persentase nasional sebesar tiga persen.

“Di sini ini baik tapi apapun, meskipun ada (persoalan) 1,2,3,4,5, harus diselesaikan secara baik, jangan ditambah. Yang penting sehat. Kalau sehat, menjadi cerdas dan pintar,” kata Jokowi seperti dilansir Antara.

Tahun 2016, Jokowi tercatat sudah dua kali berkunjung ke Papua dan Papua Barat. April lalu, ia ke Manokwari untuk meresmikan Pelabuhan Wasior.

Percepatan pembangunan infrastruktur selalu menjadi tema utama kunjungan Jokowi ke dua provinsi paling timur Indonesia itu. Desember 2015, sebelum menghabiskan malam tahun baru di Raja Ampat, ia mengecek pembangunan ruas jalan yang menghubungkan Nduga dan Wamena.

Dua kunjungan Jokowi lain ke Papua terjadi pada Mei 2015 dan Desember 2014.

 

(CNN INDONESIA.com)