oleh

Duet Mobil Sejuta Umat Terbaru Segera Lahir

-Otomotif-12 views

SALISMA.COM – Avanza dan Xenia yang dikenal sebagai mobil sejuta umat akan segera lahir bulan depan. Keduanya mengusung desain lebih segar dengan nama berbeda, Grand New Avanza dan Great New Xenia.

Sama seperti model lama, meski saudara kembar tapi tak sama rupa, dari perbandingan foto-foto yang sudah beredar, ada sedikit perbedaan wajah di antara keduanya.

Seperti dilansir dari Kompas, model yang dijadikan perbandingan adalah varian Grand New Avanza G dan Great New Xenia R Sporty. Selain lambang merek, beda wajah paling kentara terlihat dari gril. Avanza punya satu bilah gril, sedangkan Xenia memakai dua gril tebal yang sejajar.

Karakter keduanya juga jadi terlihat beda, sebab Xenia baru dilengkapi daytime running light (DRL), letaknya di sebelah dalam rumah lampu kabut. Kelengkapan tersebut tidak dimiliki Avanza, bahkan varian tertinggi Veloz juga belum punya.

Sepertinya, posisi DRL yang membuat perbedaan desain bemper Xenia dengan Avanza terbaru. Perbedaan bemper akan lebih terlihat dibanding Avanza, bila memerhatikan varian lain, Xenia tanpa DRL. Aspek pembeda lain yaitu desain pelek Xenia lebih sporty, terdapat high mount stop lamp, dan punya elemen kelir hitam di bemper depan dan belakang.

Avanza dan Xenia pada intinya punya desain eksterior yang sama, hanya dibedakan dari plus-minus ornamen pelengkap. Perbedaan dasar lain, Great New Xenia tetap memiliki mesin 1.0L dan 1.3L berteknologi dual VVT-i. Sedangkan Grand New Avanza mengadopsi mesin 1.3L dan 1.5L, keduanya berteknologi dual VVT-i.