oleh

Ika Inhu, Ajang Silaturahmi Masyarakat Inhu di Pekanbaru

-Metro-8 views

SALISMA.COM, PEKANBARU – Ikatan Keluarga Indragiri Hulu (Ika-Inhu), Minggu (2/8/2015) melaksanakan kegiatan halal bi halal bersama ratusan masyarakat Inhu, baik yang berada di Pekanbaru, maupun dari luar Pekanbaru sendiri.

Adapun tema kegiatan pada tahun ini adalah dengan semangat idul fitri bisa meningkatkan kerukunan masyarakat Inhu untuk mewujudkan masyarakat yang madani.

Ketua Ika Inhu Emrizal Pakis mengatakan tamu undangan yang hadir pada acara tersebut sudah sesuai dengan harapannya. Selain itu, beberapa tokoh dan pejabat yang berasal dari Inhu turut hadir dalam kegiatan tersebut.

“Kita telah menyebar undangan sebanyak 600 undangan dan ternyata yang datang sesuai dengan harapan kita yakni mencapai 800 orang. Selain itu tokoh asal Inhu seperti Mambang Mit, Rifai Ahmad juga turut hadir,” ujarnya.

Di tahun kedua kepengurusan Emrizal sendiri, pihaknya tengah menyusun beberapa rencana, seperti mempersiapkan buku mengenai sejarah kerajaan Indragiri.

“Beberapa kegiatan sudah dilakukan, seperti sejarah kerajaan indragiri yang akan dibukukan serta memberikan kontribusi mencari peluang keterampilan, kebudayaan seni dan potensi yang masih perlu digali,” jelasnya lagi.

Selain itu, dirinya juga juga berharap dengan berlangsungnya kegiatan ini diharapkan masyarakat Inhu di Pekanbaru maupun diluar Pekanbaru sendiri bisa menjaga hubungan masyarakat inhu tetap bersatu dan rasa kekeluargaan bisa terwujud.

Sementara itu, tokoh masyarakat Inhu Rifai Ahmad mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan bisa terus berlanjut kedepannya. “Saya pikir ini sudah sesuai dengan ajaran agama harus menjalankan silaturahmi, dengan berkumpulnya seperti ini, kita bisa bertemu maupu saling bermaaf-maafan,” pungkasnya.

Dirinya berharap kepada masyarakat Inhu meskipun merantau ke daerah lain, membangun daerah sendiri tetap bisa dilakukan. Bagaimanapun juga, kampung halaman sendiri memerlukan bantuan dan pemikiran.

“Meskipun kita merantau, kampung sendiri harus tetap kita bangun. Kita juga usulkan bagaimana bisa mengembalikan nama Indragiri,” tutupnya. (iqbal)