oleh

PT Arara Abadi Kembali Sukses Laksanakan Latgab Helitack Crew Bersama Stakeholders

SALISMA.COM, PERAWANG – Untuk kedua kalinya dalam 2 tahun berturut turut sejak tahun 2022 lalu, Dalam mengantisipasi musim kering dan prediksi BMKG yang menyatakan bahwa tahun ini wilayah Indonesia akan mengalami El Nino yang menyebabkan kekeringan di sebagian besar wilayah Indonesia, tak terkecuali di Provinsi Riau, maka pada triwulan pertama Tahun 2023 ini, kembali PT Arara Abadi sebagai salah satu unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas Regional Riau, selama dua hari (Sabtu-Minggu) Tgl. 18-19 Maret 2023 melaksanakan Latgab (Latihan Gabungan) Helitack Crew untuk pencegahan dan penanggulangan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) di Riau yang mana sebelumnya kepersertaan dari BPBD Riau dan Siak, serta Manggala Agni Wilyah Riau dan Siak serta Tim Reaksi Cepat (TRC) PT Arara Abadi- APP Sinar Mas.

Untuk pelaksanaan kali ini dengan menambah kepersertaan stakeholders dari unsur TNI/Polri yaitu dari Kodim 0322 Siak dan Polres Siak, yang dilaksanakan bertempat di komplek dan Lapangan Bola Mess Karyawan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Di Bunut Desa Pinang Sebatang Kecamatan Tualang-Perawang Kabupaten Siak dengan menggunakan sistim camp dan classroom.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 42 orang peserta juga dihadiri dan ditinjau langsung oleh Kapolres Siak, AKBP Ronald Sumaja, SIK, Wakapolres Siak, Kompol Angga Wahyu Prihantoro, S.Sos, SIK, M.H, Kompol Tapip Usman (Kabag Sumda), Kabagops Polres Siak Kompol Nardy Marbun, Kasat Binmas, AKP Yusirwan, Iptu Azran (Paur Log), dan juga Kepala BPBD Siak yang diwakili oleh Kabid KL Sapriwal Milis, SP, dan FOM Head PT Arara Abadi, Priyo S. Utomo, dan Public Relations PT Arara Abadi-APP Sinar Mas, Nurul Huda

Kegiatan dimulai dengan Apel Siaga dan bertindak sebagai inspektur upacara pada pembukaan Latgab sekaligus memberikan sambutan adalah Kabagops Polres Siak, Kompol Nardy Marbun, SH, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kejadian Karhutla selama ini di Riau bukan saja sudah menjadi isu lokal maupun nasional, namun telah menjadi perhatian dunia Internasional, “Karhutla yang selama ini terjadi di Provinsi Riau, tidak hanya sudah menjadi isu lokal dan nasional, akan tetapi sudah menjadi isu dan perhatian dunia internasional, oleh sebab itu menjadi kewajiban kita semua untuk selalu siap siaga mengantisipasi dan menanggulangi Karhutla agar tidak terjadi secara meluas, maka kita berharap sangat diperlukan kerjasama semua pihak untuk melakukan pencegahan dan penanganan Karhutla di Riau terutama di kabupaten Siak.”

Selanjutnya FOM Head PT. Arara Abadi Priyo S. Utomo didampingi Penanggung Jawab Kegiatan, Decha A.F.Hane kepada media menyampaikan “Kegiatan Latgab ini merupakan bentuk tanggung jawab dan partisipasi perusahaan terhadap penetapan Status Siaga Karhutla yang telah ditetapkan oleh Gubernur Provinsi Riau, Bpk. H. Syamsuar pada tanggal 15 Februari 2023 yang lalu.

Yang mana PT Arara Abadi-APP Sinar Mas yang juga merupakan bagian dari komponen Satgas Karhutla Provinsi Riau, selama ini selalu berperan aktif dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah di Riau dan Komponen masyarakat lainnya, baik dalam pencegahan maupun dalam penanganan atau peanggulangan Karhutla.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan sinergitas antar lembaga guna menghadapi musim kemarau yang sudah di depan mata sebagaimana informasi dan prediksi BMKG yang menyatakan bahwa tahun ini wilayah Indonesia akan mengalami El Nino yang menyebabkan kekeringan di sebagian besar wilayah Indonesia, tak terkecuali di Provinsi Riau, harapan kami dengan diadakan latihan gabungan ini, seluruh personil akan siap di turunkan kapan saja dalam menghadapi kemungkinan terburuk terjadinya Karhutla.

Salah satu peserta Latgab Helitack Crew, Babinkamtibmas Polsek Dayun Kampung Dayun Bandar Seminai Polres Siak Aipda R. Nainggolan,SH., kepada media menyampaikan. “Jika saya boleh berkata jujur, kegiatan yang dilaksanakan PT Aara Abadi ini sangat luar biasa, karena tidak pernah kita dapati (helitack crew) seperti ini sebelumnya dan mungkin untuk hari kedua yaitu simulasi akan mirip dengan dilapangan.

Dan sebagai Babinkamtibmas daerah Kampung Dayun Bandar Seminar selama ini daerah rawan karhutla, namun sejak pertengahan 2019 sampai saat ini Karhutla di Kampung Dayun Bandar sudah sangat jauh berkurang, dengan kata lain selain kita mendengar dan mendapat arahan dari pimpinan, kita juga berkolaborasi dengan tiga pilar yaitu: TNI/Polri dan Penghulu untuk melakukan sosialisasi pencegahan karhutla kepada masyarakat dan sekolah-sekolah.

Harapan kita, kita dari Babinkabtibmas agar di bekali moduls atau maklumi sepert brosur, spanduk dan sinergitas seluruh komponen dan berbagai stakeholders yang ada di wilayah kita.” ungkap Aipda Nainggolan.

Latgab diikuti sebanyak 42 Orang Peserta, diantaranya: dari Anggota Kodim 0322 Siak (5 orang), Polres Siak (12 Orang), Manggala Agni wilayah Riau (5 Orang), BPBD Kab. Siak (5 Orang), Manggala Agni Daops Siak (5 Orang), Tim Reaksi Cepat Fire Operational Management (FOM) PT. Arara Abadi-APP Sinar Mas (5 Orang), dengan tenaga Pelatih dari Pilot dan CoPilot PT Arara Abadi-APP Sinar Mas, Capt Pilot Adil Pribadi dan Copilot Indria Puji Astuti serta Pelatih dari TNI Pelda.Ramli Nasution Koramil 04/Perawang Kodim 0322/.Siak, dari FOM PT Arara Abadi Angga Saprianto, Richard Sudinardo Sihombing.***