oleh

Belasan Kios Terbakar Dan Satu Unit Ruko Di Pasar Belilas Tewas Terbakar Dilayap Si Jago Merah

SALISMA.COM ( SC), RENGAT – Sedikitnya sebelas kios dan satu unit rumah toko (Ruko) di simpang empat Pasar Belilas Kelurahan Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) hangus dilalap sijago merah pada Kamis (1/2) sekitar pukul 18.25 Wib. Akibat kebakaran itu, selain menghanguskan barang jualan pedang juga satu orang anak laki-laki atas nama Zidan (4) hangus terpanggang.

Dari sejumlah saksi mata, kebakaran berawal dari kompor gas yang meledak. Kemudian api kompor menyambar ke jualan minyak yang tidak jauh dari kios tersebut. “Kompor salah seorang pemilik kios atas nama Dian (30) meledak saat memasak,” ujar Heri (46) salah seorang warga Belilas Kecamatan Seberida, Kamis (1/2).

Akibat kompor meledak, pemilik kios panik hingga berteriak minta tolong kepada warga sekitar. Namun api begitu cepat membakar sejumlah barang dagangan korban, ditamabah lagi kios yang ada berdindingkan papan. Bahkan api terus membesar dan membakar sejumlah kios lainya. “Kios yang terbakar itu arah blok B atau Desa Buluh Rampai Kecamatan Seberida,” sebutnya.

Ketika api terus membesar, pimilik kios atas nama Dian baru ingat anaknya tengah tidur. Sementara api sudah membesar dan sulit untuk mendekat. Bahkan ketika warga lain berupaya terus mendekat juga tidak bisa berbuat banyak.

Api yang terus menjalar ke sejumlah kios lainnya, warga tetap berupaya memadamkan api dengan seadanya yakni dengan menyiramkan air dengan ember. Begitu juga dengan pimilik kios lainnya terus berupaya menyelamatkan barang-barang dagangannya. “Selain jualan minyak bensin, korban juga jualan barang harian,” tambahnya.

Sekitar satu jam kemudian, sebanyak enam unit mobil pemadam kebarakan milik Pemkab Inhu mulai berdatangan. Sementara sejumlah kios yang terbakar, sudah ada yang rata dengan tanah. Baru sekitar jam kemudian, api mulai dapat dikendalikan.

Warga yang ada bersama petugas ke Kepolisian dari Polsek Seberida dan tim pemadam kebakaran, melanjutkan pencarian jasad korban. “Setelah dilakukan pencarian, akhirnya jasad Zidan berhasil ditemukan dalam kondisi hangus dan tangan terpisah dari tubuhnya,” ucapnya.

Mengingat kondisi tubuh korban yang merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara sangat mengenaskan, pada malam itu juga langsung dipersiapkan untuk dikebumikan. “Korban juga anak yatim. Dimana ayahnya meninggal dunia beberapa waktu lalu akibat tabrakan,” bebernya.

Sementara itu Kanit Reskrim Polsek Seberida Iptu Aman Aroni ketika dihubungi membenarkan atas kejadian itu. “Jasad korban sudah dibawah ke Puskesmas Pangkalan Kasai dan selanjutnya dibawa pulang untuk dikebumikan. Korban selama ini tinggal disebuah rumah kontrakan yang tidak jauh dari kiosnya,” ujar Aman Aroni.

Pihaknya saat ini masih melakukan penyidikan untuk mencari tau penyebab kebakaran tersebut. Begitu juga pihaknya belum bisa menaksir kerugian yang disebabkan oleh kebakaran tersebut. “Jumlah kios serta ruko yang terbakar diperkirakan mencapai belasan unit,” ucapnya.(kas)