Pemprov Riau Ternyata Punya Aset Kapal Keruk

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Pemerintah Provinsi Riau ternyata memiliki aset berupa kapal keruk yang saat ini terdampar di lumpur Lapindo, Sidoarjo, Jawa Timur.
 
Kendati tidak bisa dipergunakan, namun aset itu masih tercatat sebagai milik Pemprov Riau yang bernilai puluhan miliar rupiah. 
 
Terkait hal itu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, belum akan menarik kapal keruk itu dari Lapindo. “Nanti kita perhitungkan dulu. Kalau tak terpakai kita bawa, nantikan bisa untuk keperluan kita di sini bisa digunakan mengeruk sungai. Saat ini dibawah Kementerian PUPR,” ujar Andi Rachman, sapaan akrabnya ditemui memimpin exit briefing pemeriksaan pendahuluan oleh BPK RI Perwakilan Riau terkait penataan aset yang berlangsung tertutup di Kantor Gubernur Riau, Jumat (17/03/2017). 
 
Lebih lanjut Andi mengatakan, keberadaan kapal keruk itu masih aman di lokasi. Tim pemprov sudah meninjaunya belum lama ini. “Tak hilang, tim aset pernah ke sana. Kalau tak salah masih di sana,” ulasnya.
 
Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya kapal keruk berbendera Pemprov Riau tersebut sudah lebih dari tujuh tahun berada Sidoarjo, Jawa Timur untuk membantu penanganan lumpur Lapindo. 
 
Menurut Dwi Agus Sumarno yang saat itu menjabat sebagai kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Sumber Daya Air (Ciptada) Riau, aset tersebut berstatus pinjaman untuk membantu menangani lumpur Lapindo. “Inikan bencana nasional. Jadi wajar kalau kita saling membantu,” kata Dwi waktu itu. (*)