oleh

Tenaga Honor Usia di Atas 35 Tahun Tak Akan Diangkat CPNS

-News-30 views

SALISMA.COM (SC), JAKARTA – Bagi tenaga honorer di pemerintahan daerah yang berusia di atas 35 tahun akan gigit jari tidak diangkat menjadi CPNS. Karena Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menegaskan bahwa tenaga PTT maupun honorer berusia 35 tahun ke atas tidak bisa diangkat menjadi CPNS.

Meskipun demikian, mereka tetap bisa bekerja dengan sistem pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Tetapi bukan berstatus PNS. Hal itu diatur dalam UU UU Aparatur Sipil Negara (ASN) seperti yang disampaikan Karo Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) Kemenpan-RB, Herman Suryatman di Jakarta, Kamis (23/03/17).

“UU Aparatur Sipil Negara (ASN) mengatur seperti itu. Jadi tidak ada tolerasi. Bagi tenaga honorer yang lebih dari 35 tahun, tidak akan diangkat menjadi CPNS,” kata Herman Suryatman.

Lebih lanjut Herman mengatakan, Rancangan Peraturan Pemerintah mengenai PNS dan PPPK sebagai turunan UU AS saat ini sudah di Sekretariat Negara (Setneg). Tinggal diteken oleh presiden. Dimana nantinya, setelah menjadi PP itu terbit, menjadi dasar hukum pengangkatan honorer usia 35 tahun ke atas menjadi PPPK. Sementara usia di bawah 35 tahun menjadi CPNS.

Mengenai penolakan para bidan PTT dan honorer K2 untuk dijadikan PPPK, menurut Herman, hal itu sesuatu yang wajar. Namun, selama UU ASN belum berubah, aturan mainnya tetap sama, yaitu batas maksimal pengangkatan CPNS 35 tahun. (*)