oleh

Riau akan Jadi Embarkasi Antara Tahun Ini

-News-40 views

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mendukung penuh embarkasi antara di Provinsi Riau. Jika semua persyaratan sudah lengkap, tahun 2017 ini sudah bisa dijadikan embarkasi antara. Sementara tahun 108, sudah bisa ditingkatkan menjadi embarkasi penuh.

Hal itu dikatakan Kabag Humas Pemprov Riau, Erisman Yahya usai mengikuti kegiatan di Kemenag RI, Rabu kemarin. “Menag dalam pidatonya mengatakan Riau sudah bisa menjadi embarkasi antara tahun ini,” ujar Erisman, Kamis (23/03/2017).

Pada kegiatan di Kemenag tersebut Pemprov Riau menyerahkan sejumlah aset ke Kemenag. Yakni berupa sebidang tanah seluas 40 ribu m2 yang beralamat di Jalan Citra, Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru.

“Tanah senilai Rp 13,8 miliar itu untuk dibangun asrama haji. Rencananya, Pemprov Riau akan menambah lagi luas tanah bila secara hukum dan administrasi sudah lengkap,” ucapnya.

Ia menyampaikan bahwa Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan ia sangat bersyukur atas penyerahan tanah itu dan berharap dapat mempermudah untuk membangun asrama haji di Riau.

“Pak Menag mengatakan sangat mendukung keinginan Riau untuk menjadi embarkasi. Apalagi jumlah Jemaah Calon Haji (JCH) dari Provinsi Riau cukup besar, yakni 5030 orang,” ujarnya.

Selain itu Menteri Agama juga menyebutkan bahwa sejauh ini pihaknya sudah membangun enam asrama haji sekelas hotel bintang tiga yang tersebar di berbagai provinsi. “Mudah-mudahan untuk di Riau bisa terealisasi pada 2018 nanti,” katanya.

Dalam pertemuan itu, lanjutnya, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyampaikan keinginan masyarakat Riau untuk menjadi embarkasi haji.

“Pak gubernur mengatakan bahwa selain untuk efisiensi waktu dan biaya karena tidak perlu lagi menginap di Batam, secara psikologis juga akan memberikan pengaruh yang positif bagi jemaah karena kita inginnya dari Riau langsung ke Jeddah atau Madinah, begitu juga pulangnya langsung ke Pekanbaru, Riau,” paparnya. (*)