oleh

Imigran di Pekanbaru Sering Kelaparan

-News-34 views

SALISMA.COM (SC),PEKANBARU – Kendati keberadaan para imigran ini di bawah perlindungan PBB melalui badan pengungsi UNHCR, namun kondisi mereka di Pekanbaru cukup memprihatinkan.

Selain tidak memiliki tempat tidur yang layak, para imigran gelap itu juga kesulitan mendapatkan makan.

Seperti yang terlihat di Jalan Pepaya Ujung, Pekanbaru. Sekelompok imigran ini tidur hanya beralaskan tikar di teras warung warga. Informasi yang diperoleh dari warga sekitar, mereka sudah lebih tiga hari tidur kawasan itu.

Untuk makan saja mereka meminta dari warga sekitar. Kasihan mereka, hujan panas mereka tidur di sana. Kadang dalam satu hari tidak makan. Kasihan anak-anaknya yang kecil itu. Sesekali ada juga warga yang kasih makan,” kata Maryo, seorang warga Pepaya Ujung.

Sebagian dari imigran tersebut ada yang datang dari Turki, dan sebagiannya lagi dari Thailand. Dua hari yang lalu, warga setempat ada yang melihat mereka diturunkan dari angkutan kota di depan Kantor Imigrasi. Setiba di depan kantor, mereka tidak dibolehkan masuk oleh petugas keamanan kantor.

Narno, warga yang melihat kejadian tersebut membantu mereka bicara dengan petugas keamanan supaya bisa masuk. Tapi petugas keamanan Kantor Imigrasi tetap tidak memberikan mereka izin untuk masuk. (*)