oleh

BI Riau Bantu Kembangkan Produk Berbahan Sagu

-Ekonomi-34 views

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Sejak awal Bank Indonesia Provinsi Riau komitmen membantu pemerintah daerah dalam pengembangan sagu sebagai produk unggulan.

“BI sudah memberikan perhatian kepada petani sagu di Meranti misalnya melalui pembibitan dan pembinaan kelompok tani sagu, pengolahan yang baik, bantuan peralatan dan sebagainya,” ujar Kepala Divisi Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Riau, Irwan Mulawarman, Jumat (31/03/2017).

Dia menegaskan BI bertekad mendorong pengembangan komoditas sagu di Kabupaten Kepulauan Meranti menjadi produk unggulan dengan terciptanya turunan baru bukan sekadar tepung.

“Kita punya kualitas sagu terbaik nasional yang diproduksi petani binaan Bank Indonesia,” imbuhnya.

Upaya tersebut tidak akan berhanti sampai disitu dimana saat ini petani binaan baru bisa mengolah tual menjadi sagu basah dan kering.

“Akan tetapi bisa membuat produk turunannya seperti mie sagu, beras sagu dan aneka panganan. Rencananya kedepan BI akan mendorong binaannya mengembangkan gula sagu basah dan kering,” tegasnya.

Menurut dia hasil kajian Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mendapati bahwa sagu tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai sumber makanan bagi manusia, namun lebih jauh dari itu, bagian lain dari pohon dan limbahnya punya nilai ekonomis yang sangat tinggi.

Irwan memberikan contoh daun sagu bisa diolah jadi pakan ternak, demikian juga limbahnya setelah difermentasi, bisa juga jadi media yang baik bagi tanaman jamur.

“Kalau saya lihat potensi sagu besar tetapi kita baru sebatas memanfaatkan sagu untuk sumber makanan bagi manusia saja, padahal banyak yang bisa dimanfaatkan selain itu. Masyarakat juga belum menggarap secara maksimal,” kata dia.

Untuk itu sebutnya lagi BI disini hanya menstimulus potensi yang ada di Riau. Diharapkan dengan pola-pola binaan ini akan membuka pemikiran, niat bagi pemerintah daerah dan investor guna pengembangan. (*)