oleh

Pelancong Dituding Tularkan DBD di Pekanbaru

-News-34 views

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Helda S Munir menuding para pelancong turut menyebarkan penyakit demam berdarah (DBD) di Pekanbaru.

“Pekanbaru banyak pengunjung dari luar kota. Bisa saja dari pengunjung yang terkena DBD datang ke Pekanbaru, kemudian digigit nyamuk. Nah nyamuk itu gigit warga kita, kemudian tertular. Tetapi ini hanya kemungkinan ya,” ujar Helda kepada wartawan, Senin (03/04/2017).

Dia menyebutkan, selain itu faktor pelancong, penyebab tingginya angka DBD di Pekanbaru yakni cuaca yang tidak menentu. Untuk itu Helda menginbau warga agar membersihkan lingkungan tempat tinggal.
“Karena faktor utama penyebab DBD ini pada lingkungan yang tidak bersih. Sehingga nyamuk gampang bersarang. Warga juga harus giatkan gotong royong,” ujarnya.

Hingga pekan ke 12 jumlah korban DBD Pekanbaru mencapai 186 orang. Kendati demikian Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru belum menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB). “Sebab dibanding tahun lalu dengan bulan yang sama jumlah kasus sekarang jauh berkurang. Belumlah bisa dikatakan KLB,” urai Helda.

Selain itu Helda sampaikan bagi warga yang memiliki ciri-ciri demam berdarah agar segera periksa ke puskesmas atau rumah sakit. Sebab demam berdarah termasuk penyakit yang mematikan. “Kalau ada demam panas tinggi agar segera periksakan ke dokter. Jangan sampai terlambat,” imbuhnya. (*)