oleh

Pemko Pekanbaru Diminta Maksimalkan PAD Sektor Pajak

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Kalangan DPRD Pekanbaru, kembali mengingatkan para pimpinan OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru, agar serius dalam mencapai pendapatan asli daerah (PAD). Target PAD yang sudah diapung Rp 1 triliun, harus bisa dicapai seratus persen.

Ketua DPRD Pekanbaru Sahril SH mengingatkan kepala dinas dan badan di lingkup Pemko Pekanbaru agar serius mengejar target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 1 triliun pada tahun ini.

“Target PAD Rp 1 triliun harus tercapai seratus persen. Kita tidak bisa terima target maksimal yang disampaikan Bapenda kemarin, hanya 75 persen. Kita sengaja menekankan ini, karena banyak peluang PAD yang bisa dimaksimalkan,” ujar Sahril, Kamis (20/04/2017).

Politisi Golkar ini merinci sejumlah peluang PAD yang bisa dimaksimalkan. Di antaranya pajak hotel, pajak restoran, retribusi parkir dan pajak parkir, serta BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan), PBB yang miliki peluang meningkat tahun ini dan PPH.

Gambaran PAD tersebut, masih sedikit yang dari kondisi yang sebenarnya. Karena itu, Sahril mengingatkan Bapenda dan OPD terkait, untuk serius mengawasi perjalanan pajak dan retribusi ini.
“Tentunya, dengan trik-trik atau pola yang lebih baik, seperti sistem jemput bola. Bahkan harus diubah sistem kerja selama ini, yang lebih banyak menunggu dan adanya oknum yang bermain,” imbuhnya. (*)