oleh

Modus Baru Penipuan, Duit Eko Ludes di ATM Rp 10 Juta

-Metro-34 views

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Beragam cara dan modus kejahatan terus berkembang di masyarakat. Terutama terkait transaksi keuangan melalui ATM.

Seperti yang dialami warga Pekanbaru ini yang uang dalam tabungannya ludes Rp 10 juta setelah mendapat bantuan dari seseorang saat kesulitan memasukkan kartu ATM.

Korban tidak sadar kartu ATM miliknya telah ditukar dengan kartu ATM lain saat orang tersebut berlagak seperti membantu. Bukannya mendapat solusi justru malah rugi.

Korban bernama Eko Rusnanda dalam laporannya ke Polresta Pekanbaru mengatakan bahwa kasus yang dialaminya saat melakukan transaksi di ATM salah satu bank di SPBU di Jalan Rawa Mangun.

Korban awalnya tidak bisa memasukkan kartu ATM kedalam mesin. Saat itulah datang seorang lelaki yang membantu korban.

Namun dalam prosesnya lelaki tersebut justru menukar kartu ATM korban dengan kartu ATM lain dengan identitas bank yang sama.

Hal itu dilakukan pelaku tersebut saat korban lengah. Ujung-ujungnya korban tetap tidak bisa melakukan transaksi.

Sesaat kemudian setelah lelaki tersebut pergi, korban kaget karena sudah ada empat kali transaksi dengan nominal Rp 10 juta. Sedangkan kartu ATM yang ditangan korban sama sekali tidak bisa dipakai.

Kasubag Humas Polresta Pekanbaru, Ipda Dodi Vivino mengatakan kasus tersebut masih dalam penyelidikan.

“Pelaku masih lidik. Kami juga informasikan dan himbau masyarakat agar senantiasa hati-hati saat melakukan transaksi perbankan. Jangan mudah percaya pada orang yang baru dikenal apalagi dengan pura-pura memberikan bantuan,” ujar Dodi, Kamis (20/04/2017).  (*)