oleh

Dishub Hanya Mampu Perbaiki Enam Halte Bus TMP

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Banyaknya halte Bus Trans Metro Pekanbaru yang rusak, belum dapat diperbaiki semua. Karena anggaran yang tersedia sangat terbatas. Tahun ini dianggarkan Rp 150 juta untuk perbaikan dan perawatan halte sarana angkutan umum massal (SAUM) Transmetro.

Kepala Bidang Pengawasan Pengelola Angkutan Perkotaan (PPAP) Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Wisnu Haryanto mengatakan dengan anggaran Rp 150 juta itu hanya akan mampu memperbaiki dan merawat enam halte.

“Pada tahun ini anggaran hanya cukup untuk beberapa kerusakan, seperti atap bocor, kaca pecah, dan perbaikan bangku,” ujar Wisnu, Rabu (26/04/2017).

Karena minimnya anggaran untuk itu, pihaknya akan mencoba minta bantuan ke Pemprov Riau dan pemerintah pusat.

Mayoritas halte bus TMP, kata Wisnu, telah dikelola oleh Dinas Perhubungan setempat yang sebelumnya sempat melibatkan pihak swasta.

Bus TMP hingga saat ini melayani delapan koridor. Bus TMP diperkuat oleh 45 unit dengan perincian 32 bus besar dan 13 bus ukuran sedang.

Sejumlah halte bus Transmetro Pekanbaru terlihat memprihatinkan sehingga mengurangi kenyamanan, bahkan cenderung berbahaya bagi warga pengguna SAUM.

Dari pantauan, setidaknya sejumlah halte yang berada di kawasan pusat bisnis dan permukiman terlihat rusak dengan beberapa bagian kaca pecah serta atapnya bolong sehingga akan membasahi seluruh halte jika hujan. (*)