oleh

Syarat Imam Masjid Paripurna Hafiz Quran 30 Juz

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Seleksi imam masjid paripurna akan dibuka untuk umum dan terbuka. Sehingga bisa diikuti oleh siapa saja yang memenuhi syarat dan kualifikasi.

Kepala Bagian Kesra Pemko Pekanbaru, Idrus menghimbau kepada seluruh imam masjid di Pekanbaru untuk mengikuti seleksi ini.

Seleksi ini imam besar masjid paripurna ini untuk meningkatkan kekhusukan salat berjamaah di masjid paripurna Pekanbaru. Sebab masjih paripurna ditunjuk oleh Pemko Pekanbaru sebagai pusat pemberdayaan masyakat dalam bidang keagamaan.

“Kita berharap nanti imam yang diseleksi ini harus hafiz minimal 30 juz. Selain hafiz, imam yang kita seleksi ini juga harus pandai qoriah. Karena kita sudah banyak mendapatkan masukan dari jamaah. Alasanya kalau imamnya bisa hafiz dan qori bisa menambah kekhusukan jamaah saat melakukan shalat berjamaah di masjid,” ujar Idrus, Senin (01/05/2017).

Selain hafiz dan qori, iman besar masjid paripurna juga diharapkan menguasai ilmu fiqih. Sebab tugas imam besar masjid paripurna tidak hanya sebatas memimpin salat berjamaah, namun juga harus bisa menjadi tempat bertanya bari jamaah yang berkaitan dengan masalah keagamaan.

“Iman yang kita tunjuk nanti juga harus bisa menyesuaiakn dengan kondisi jamaah wilayahnya masing-masing. Kalau jamaahnya pakai qunut ya harus pakai qunut, kalau jamaah disekitar bacaan bisimilahnya dikuatkan harus menyesuaikan. Jangan sampai nanti imam yang ditunjuk itu diprotes oleh jamaah,” jelas Idrus.

Proses seleksi imam besar masjid paripurna akan dilakukan oleh tim independen. Tim ini nanti akan diberikan Surat Keterangan (SK) dari Walikota Pekanbaru. Di antaranya dari Kantor Kementrian Agaman Kota Pekanbaru, MUI Kota Pekanbaru, Tokoh Agama, akademisi dari perguruan tinggi islam di Pekanbaru serta dari Pemko Pekanbaru. (*)