oleh

Jelang Ramadan, Harga Bawang Putih di Rohil Melambung

-News-38 views

SALISMA.COM (SC), BAGANSIAPIAPI – Jelang Ramadan yang lebih kurang sekitar 15 hari lagi terjadi kenaikan harga pada komoditas bawang putih yang sangat tinggi hingga mencapai dua kali lipat dari harga sebelumnya.

Yati, salah seorang pedagang yang berada di Pasar Datuk Rubiah mengeluhkan tingginya harga bawang putih mengakibatkan turunnya jumlah penjualan.

“Sekarang kan bawang putih tu 50.000 dari 26 sampai 28 ribu sekilo, pengaruh kali sama yang beli. Kadang awalnya ada mau beli 1 kg karena baru tahu harga langsung beli sedikit,” ujarnya

Lebih lanjut Yati juga menjelaskan kondisi penjualan bawang putih yang sedikit akan berpengaruh pada kualitas bawang putih yang dijualnya, apabila masih belum terjual habis dalam waktu yang lama.

Selain itu, Tina seorang pedagang lainnya juga mengeluhkan tingginya harga bawang putih yang berakibat pada minimnya jumlah pembeli yang datang untuk berbelanja.

“Sedikit sekarang bang sejak harga naik ini, biasa bawang ini (bawang putih) tidak kayak gini. Tidak selama ini habisnya. Ini udah agak lama masih belum habis,” sebutnya.

Kenaikan harga bawang putih sendiri sudah terjadi lebih kurang selama 2 minggu terakhir dan diperkirakan oleh para pedagang bahwa kenaikan tersebut akan terus terjadi hingga tibanya bulan Ramadhan. (Sc12)