oleh

Pentingnya Menjaga Shalat

-News-47 views

SALISMA.COM (SC), BAGANSIAPIAPI – Shalat merupakan salah satu amalan yang paling penting di dalam agama. Bahkan merupakan tiang agama yang artinya shalat merupakan tonggak penting dalam keberadaan agama Islam.

Selain itu shalat juga yang membedakan antara orang beriman dengan orang yang hanya sekadar Islam semata. Karena jika hanya Islam, sangat banyak ditemui umat Islam, tapi jika dikatakan beriman sangat sedikit dijumpai orang Islam yang beriman.

Hal ini diungkapkan oleh Ustaz Syafuldin dalam khutbahnya di Masjid Al-Khairiyah, di Jalan Madrasah, Bagansiapiapi.

Dalam khutbahnya, Ustaz Syafuldin menjelaskan tentang pentingnya amalan shalat bagi umat Islam. Sehingga karena terlalu pentingnya, menjadi amalan pertama yang akan dihisab pada hari kiamat.

“Shalat merupakan amalan yang penting yang pada hari dimana semua manusia di adili. Shalat lah amalan pertama yang akan diperiksa. Apabila baik shalat-nya, maka Insya Allah baik pula amalan lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ustaz Syafuldin menjelaskan bahwa pentingnya shalat juga disebabkan shalat merupakan amalan pelebur dosa. Yang mana jika dikerjakan dengan baik dan sesuai tuntunan maka akan mampu menghilangkan semua dosa yang pernah dilakukan.

Saat ini masih banyak umat Islam yang shalat hanya sekadar shalat. Sehingga akhirnya ibadah shalat tersebut tidak menghindarkannya dari perbuatan tercela. Masih ada yang shalat namun setelah shalat masih melakukan tindakan yang dibenci Allah SWT, maka dalam hal ini tindakan dalam shalat-nya lah yang salah.

Seperti diungkapkan oleh Ustaz Adi Hidayat, bahwa untuk mengetahui bahwa benar tidaknya shalat seseorang adalah mulai tampak dari berwudu hingga setelah orang tersebut melakukan shalat.

Oleh sebab itulah dalam shalat dianjurkan mulai dari berwudu untuk khusyuk dan berusaha menghadirkan Allah SWT. Sehingga kita akan selalu berusaha melakukan yang terbaik dalam setiap gerakan. Karena kita merasa ada yang memantau kita. Seperti seorang pimpinan yang selalu memerhatikan seorang karyawan, maka seperti itulah hendaknya kita menghadirkan Allah dalam mengawasi setiap tindakan kita. Sehingga Insya Allah shalat yang kita kerjakan nantinya akan mampu mencegah dari perbuatan yang tercela. (sc12)