oleh

Petani Cabai di Siak Buka Lahan Hingga 40 Hektare

SALISMA.COM (SC), SIAK – Pemerintah kabupaten Siak melalui Dinas Pertanian memberi apresiasi kepada para petani, khusunya petani cabai yang hingga saat ini terus mengalami peningkatan untuk membuka lahan.

Seperti yang disamapikan oleh Suwandi selaku Kabid Hortikultura dan Ketahanan Pangan, yang mana petani cabai saat ini semakin banyak dan meningkatkan grafiknya untuk perkebunan cabai.

“Dari tahun ke tahun petani cabai di Siak terus meningkat. Dari tahun lalu yang hanya 15 hektar kini sudah mencapai 40 hektar yang tersebar di kabupaten Siak”, ujarnya, Jumat (12/05/2017).

Untuk kebutuhan cabai  di kabupaten Siak sendiri sebenarnya sudah dapat memenuhi kebutuhan pasar di Siak. Namun masih banyak petani di Siak yang lebih memilih menjual hasil cabai mereka keluar daerah.

“Saya sangat menyayangkan untuk cabai hasil petani di Siak, karena dijual di luar Siak. Itu karena harganya bisa lebih mahal. Padahal sebenarnya, kalau untuk memenuhi kebutuhan pasar di Siak sudah bisa mencukupi dengan harga yang stabil”, sebutnya.

Setelah berhasil dalam pertanian cabai, Dinas Pertanian Siak akan kembali mendampingi petani dan mendukung petani bawang.

“Kita saat ini sedang mendata petani bawang merah dan akan mencanangkan sebanyak 5 hektar untuk menanam bawaang merah di Kabupaten Siak”, tutupnya. (Sc13)