oleh

Perlu Ada Strategi Jitu Untuk Perbaikan Ekonomi Riau 2017

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Riau butuh masukan dari pihak terkait yang telibat dalam maping pengembangan ekonomi daerah. Keterlibatan itu dalam upaya menyusun strategi perbaikan ekonomi Riau untuk tahun 2018 nanti.
Kepala Bidang Perencanaan Bappeda Riau Dafrizon mengemukakan, lembaga setingkat Bank Indoensia (BI) dan Badan Pusat Statistik (BPS) dianggap perlu terlibat dalam masalah ini. Sebab rumusan strategi itu harus dudukkan bersama untuk mendapatkan hasil maksimal.
“Kebijakan seperti ini menurut saya tidak hanya perlu dilakukan lobi dengan pemerintah pusat untuk pembangunan infrastruktur daerah. BI dan BPS perlu terlibat dalam penyusunan strategi perbaikan ekonomi Riau tahun 2018 nanti,” ujarnya Sabtu (13/5/2017).
Dia mengatakan, terkait investasi misalnya, setelah semua upaya dilakukan belum juga membuahkan hasil, daerah perlu mengambil sikap langkah apa yang diambil agar perekonomian daerah membaik dan tidak terus-terusan terpuruk.
Dalam pandangannya, upaya itu dilakukan dengan cara membagi tugas. Jika Pemda melakukan lobi ke pemerintah pusat, maka BI dan BPS lah, harusnya merumuskan strategi itu, bekerjasama dengan Bappeda Riau.
“Langkah seperti ini harus ditempuh karena kita tidak bisa menunggu. Sudah cukup ekonomi Riau terpuruk pada tahun 2015 lalu. Jika tidak ada gelar perbaikan artinya butuh strategi jitu untuk mengatasi masalah seperti ini,” tambahnya. (Sc3)