oleh

Sektor Pertambangan Sulit Tumbuh Positif di Riau

SALISMA.COM (BPC), PEKANBARU – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau menganalisis sektor pertambangan di Riau akan sulit tumbuh positif di tahun 2017 ini.

Kepala BPS Provinsi Riau, Aden Gultom mengatakan, ada beberapa sektor terindikasi tidak akan memberikan pergerakan perbaikan ekonomi di tahun ini, namun yang lebih mendominasi di sektor pertambangan ini.

“Sektor pertambangan ini pergerakannya datar bahkan minus terus. Sektor ini sulit untuk tumbuh positif sampai tahun 2018 nanti. Walau untuk sementara ini harganya meningkat tapi produksi kita yang tidak bisa meningkat,” ujarnya, Sabtu (13/5/2017).

Dia menjelaskan, untuk di Riau sendiri sektor pertambangan yang mendominasi yakni Migas. Sementara dari sisi usia sumur minyak di Riau tergolong tua.

Atas dasar ini, pergerakan ekonomi Riau harus di gerakkan dari sektor yang lain. Bisa dalam bentuk realisasi maksimal anggaran pemerintah, dan perbaikan harga komoditi sawit masyarakat.

Sektor pertambangan, hingga saat ini terpantau masih terjadi pergerakan yang stagnan dalam jumlah produksi. Jatuhnya harga minyak dunia membuat produksi Migas ditahan. (Sc3)