oleh

Menpan Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Memasuki bulan suci Ramadhan yang diperkirakan jatuh pada 25 Mei 2017 mendatang, Pemerintah Pusat melakukan penyesuaian jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri.

Hal itu bertujuan agar pelayanan yang diberikan ASN kepada masyarakat tetap berjalan dengan baik meskipun dalam kondisi berpuasa.

Berdasarkan hal tersebut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur melalui surat edaran dengan nomor 20 tahun 2017 mengeluarkan jam kerja yang menjadi acuan para ASN, TNI, maupun Polri.

Diharapkan melalui surat edaran yang ditebuskan kepada Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia tersebut, para ASN, TNI, dan Polri dapat menjaga kualitas ibadah puasa selama bulan ramadhan, namun juga tidak mengabaikan tugasnya sebagai pelayan masyarakat.

“Jangan sampai mengabaikan tugasnya sebagai pelayan masyarakat tetap bekerja dengan maksimal,” ujar Asman Abnur.

Dalam surat edaran yang diterapkan pada 16 Mei 2017 tersebut ditujukan kepada para menteri Kabinet Kerja, Sekretaris Kebinet Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jaksa Agung Republik Indonesia, Panglima TNI, Para kepala lembaga pemerintah non kementerian, para pimpinan Kesekretariatan Lembaga Negara, kemudian para pimpinan Kesekretariatan Lembaga nonstruktural, para pimpinan lembaga lainnya, para gubernur, dan para bupati/walikota.

Kepala BKD Riau Ikhwan ridwan menyebutkan akan meegikuti SE dari Menpan tersebut sesuai dengan jam kerja yang sudah diatur. “Tentu SE yang dikirimkan Menpan akan jadi rujukan bagi daerah. Dan mengenai jam kerja memang setiap tahunnya sudah menjadi hal yang rutin,” jelasnya.

Berikut ini jam kerja bagi para ASN, TNI, dan Polri selama bulan suci Ramadhan bagi instansi pemerintah yang melakukan 5 (lima) hari kerja. Hari Senin-Kamis mulai pukul 08.00- 15.00 WIB. Sementara waktu istirahat 12.00 -12.30 WIB. Lalu, Hari Jumat pukul 08.00 – 15.30 WIB dengan waktu istirahat 11.30 – 12.30 WIB.

Kemudian bagi instansi pemerintah yang memberlakukan enam hari kerja, Hari Senin sampai dengan Kamis, dan Sabtu masuk pukul pukul 08.00-14.00 WIB. Waktu istirahat pukul 12.00 – 12.30 WIB. Sementara di hari Jumat masuk pukul 08.00 -14.30 WIB dan waktu istirahat pukul 11.30 – 12.30 WIB. (*)