oleh

Gubri Puji Layanan Operasi Jantung RSUD Arifin Achmad

-News-39 views

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Sukses menggelar operasi jantung perdana, keberadaan RSUD Arifin Achmad Pekanbaru diharapkan dapat menyelematkan lebih banyak penderita penyakit jantung di Riau.

“Masyarakat Riau kini sudah bisa mendapatkan pertolongan bedah jantung di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Tidak usah jauh-jauh lagi ke Jakarta, atau ke luar negeri,” ujar Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Sabtu (20/5/2017).

Kemampuan para dokter RSUD Arifin Achmad Pekanbaru dalam menangani penyakit jantung diharapkan pasien yang ada di kabupaten/kota Riau bisa cepat tertolong saat membutuhkan operasi sehingga mengurangi resiko kematian.

Menurut Andi selama ini banyak pasien jantung di Riau yang meninggal karena terlambatnya pertolongan. Hal itu karena jarak yang jauh harus melalui darat, udara, waktu yang lama, serta biaya begitu besar kalau sampai ke luar negeri.

“Saya menyadari walau tak ada angka pastinya bahwa tingkat kematian masyarakat Riau menengah ke bawah cukup lumayan tinggi karena lambatnya mendapat pertolongan. Sebab dengan jarak yang jauh harus menyeberang pulau untuk mendapat pelayanan rumah sakit,” kata gubri.

Andi Rachman meminta layanan operasi jantung RSUD diperkuat lagi SDM dan peralatan sehingga pelayanan lebih baik. “Warga tidak perlu lagi berobat sampai ke luar negeri, disini sudah ada,” tegasnya.

Sementara itu Direktur Utama RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita membenarkan RSUD Arifin Achmad kini sudah bisa melakukan bedah jantung koroner. Ini dibuktikan suksesnya operasi perdana bagi seorang pasien setempat Jumat pagi kemaren.

Walau diakuinya saat ini RSUD masih dalam pendampingan oleh tim RS Harapan Kita. Namun secara perlahan katanya, RSUD akan semakin mampu dan terampil hingga mandiri untuk operasi jantung tingkat satu dan dua pada dua tahun mendatang. (*)