oleh

500 Desa di Riau Belum Teraliri Listrik

-News-43 views

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Data Pemprov Riau, terdapat sekitar 500 desa di Riau belum dialiri listrik PLN. Ditargetkan tahun 2019, semua desa tersebut sudah mendapat penerangan dari pihak PLN.

“Dan ini juga sudah menjadi komitmen PLN menuntaskan masalah penerangan di Riau. Ada sekitar 500 lebih desa secara bertahap, 2019 kita harap sudah teralirkan,” ujar Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman saat meresmikan Listrik Masuk Desa di Minas Barat, Kamis (25/05/2017).

Gubernur mengharapkan dukungan semua pihak untuk menuntaskan program penerangan desa yang secara keseluruhan terdapat ada 500 desa di Riau yang juga belum mendapatkan penerangan listrik di Riau.

Kepada seluruh pemerintah kabupaten kota di Riau, gubernur juga meminta untuk mendukung soal proyek PLN ini. baik itu pembangunan jaringan transmisi maupun gardu induknya. Karena masalah listrik sendiri masuk dalam bagian dari proyek strategis nasional.

Andi berjanji akan membicarakan juga dalam pertemuan terbatas bersama pihak Presiden mendatang.
“Termasuk soal RTRW yang dianggap masih menjadi kendala selama ini. Kita dorong kita doakanlah. Pemerintah kabupaten/kota kita harap ini kita tuntaskanlah. Jadi terus kita doronglah,” kata Andi.

Pada kegiatan itu, setidaknya melalui program listrik masuk desa dari PLN sebanyak tiga ratusan KK mendapat penerangan.

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol bersama. peresmian ini juga ditandai dengan menghidupkan listrik pertama di salah satu rumah warga.

“Dengan peresmian ini dari 1000 KK sebelumnya yang belum dialiri listrik, akhirnya ada sekitar 250 sampai 300 yang mendapatkan penerangan hari ini,” ujar gubernur didampingi Wakil Bupati Siak Alfredli dan GM PLN Riau Kepri M Irwansyah Putra.

Gubernur Riau berharap pada peresmian itu Minas Barat akan lebih maju masyarakatnya seiring telah masuknya listrik masuk desa tersebut. (*)