oleh

Misteri Piramida Bersinar Terungkap

-Tekno-28 views

SALISMA.COM – Akhirnya misteri piramida bersinar terungkap berkat pesawat luar angkasa Dawn. Bulan lalu, publik dihebohkan dengan penampakan sebuah benda mirip piramida yang bersinar di Ceres, planet kerdil yang terdapat di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter.

Daily Mail (24/08), melaporkan bila pesawat luar angkasa milik NASA itu telah memperpendek jarak dengan Ceres, tinggal sekitar 1.470 kilometer saja. Dengan begitu, Dawn bisa menghasilkan gambar permukaan Ceres dengan resolusi tiga kali lebih jelas dari sebelumnya.

“Kini Dawn bisa melihat tiga kali lebih jelas dari sebelumnya, dan bisa mengungkap banyak detail permukaan Ceres yang menakjubkan.” ujar Marc Rayman, insinyur utama proyek pesawat luar angkasa Dawn.

Selain itu, NASA akhirnya berhasil mengungkap wajah asli piramida bersinar yang ternyata hanya sebuah gunung. Dari gambar yang ada, gunung itu terlihat seperti piramida karena memiliki bentuk mengerucut dengan ketinggian sekitar 6 kilometer.

 

Berdasarkan teori yang telah diusulkan oleh ilmuwan sebelumnya, gunung itu bisa bersinar akibat lapisan es yang menutupi lerengnya. Alhasil, saat cahaya matahari akan terpantulkan dan gunung itu terlihat bercahaya.

Setelah mengungkap piramida bersinar itu, pesawat Dawn akan menghabiskan waktu 11 hari untuk memetakan seluruh permukaan Ceres. NASA sendiri berencana akan mengambil peta Ceres sebanyak enam kali dalam dua bulan ke depan.

(merdeka)