oleh

BRK Berikan Bunga Special Rate Rp 220 Miliar ke Pemprov Riau

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Direktur Utama Bank Riau Kepri, Irvandi Gustari mengatakan, pihaknya sudah membagikan deviden kepada Pemprov Riau. Jumlah dana yang dibagikan telah mencapai apa yang diharapkan pada tahun 2016 lalu.

Dia menjelaskan dana yang dibagikan merupakan hasil dari laba yang diterima perusahaan pada tahun 2015. “Pada tahun 2016 lalu kita membagikan dana tidak hanya dalam bentuk dividen, tetapi juga dalam bentuk bunga special rate deposito,” ujar Irvandi, Minggu (17/9/2017).

Dikatakan jumlah dividen yang dibagikan tahun 2016 kepada Pemprov Riau sebesar Rp 73.206.358.221 ditambah bunga special rate deposito.

Total bunga special rate deposito yang dibayarkan untuk pemerintah daerah di Riau dan Kepri sebesar Rp 220 miliar.

Pemprov Riau menjadi penerima paling besar berdasarkan dana yang ditempatkannya di deposito tersebut. Bunga special rate yang diberikan tersebut atas permintaan pemegang saham, yakni pemerintah daerah saat itu. Bunga yang dibayarkan ini diatas dari LPS Rate saat itu.

Pengalokasian dana oleh pemerintah kepada deposito tersebut membuat laba gross menyusut menjadi Rp 415,3 miliar.

Ditambahkan, pengalihan dana pemerintah daerah ke deposito dengan bunga special rate tersebut untuk meningkatkan pendapatan daerah.

“Menurut yang diketahui upaya yang dilakukan para pemerintah daerah tersebut disebabkan dampak dari turunnya harga minyak dan komoditi sawit dimasa itu. Sehingga membuat dana bagi hasil untuk daerah jauh berkurang,” katanya.

Selain itu, rendahnya realisasi tersebut juga disebabkan adanya permasalahan kredit macet pada tahun 2015 lalu sebesar Rp 100 miliar.

Berdasarkan data yang dikeluarkan BPK, pada tahun 2016, Bank Riau Kepri ditargetkan menyumbang dividen sebesar Rp 136.375.000.000. Berdasarkan data tersebut Bank Riau Kepri hanya membagikan dividen sebanyak 53,68 persen dari target yang ditetapkan. (*)