oleh

Wako Pekanbaru Keluhkan Kiriman Kabut Asap

-Metro-12 views

SALISMA.COM, PEKANBARU – Walikota Pekanbaru, Firdaus MT angkat bicara terkait kabut asap yang kian pekat di wilayahnya. Pekatnya asap menyebabkan puluhan sekolah meliburkan siswa, beberapa maskapai menunda keberangkatan, dan ribuan orang terjangkit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Saat dimintai tanggapannya dengan nada meninggi wako Pekanbaru mengatakan persoalan kabut asap sudah menguras tenaga, fikiran dan dana Pemerintah. “Kasus asap ini bukan persoalan kota lagi, tapi sudah persoalan bangsa dan Negara. Seperti kita ketahui bersama, asap yang datang ini bukan hanya kebakaran di Riau,” katanya, Rabu (02/09/2015).

Belum lagi tak hanya Riau, kabut asap yang ada saat ini juga kiriman dari Jambi, Sumatera Selatan maupun Kalimatan. “Yang sekarang ini terjadi kan karena ulah manusia. Sekarang ini kita harus timbulkan semangat nasionalisme akibat dampak asap ini,” sebutnya.

Dirinya juga mengutuk pembakar lahan yang menyebabkan kabut asap. “Kalau di bilang kecewa itu sudah pasti. Kasihan masyarakat kita yang akhirnya menjadi korban. Apalagi kepada ibu-ibu hamil yang nantinya bisa menyebabkan gangguan kepada calon anaknya,” sebutnya.

Untuk itu, Pemerintah Kota Pekanbaru dengan sigap segera meliburkan aktifitas semua sekolah di Pekanbaru. “Kita sudah liburkan seluruh sekolah. Efeknya ini kan lima tahun mendatang, bukan saat ini. Jadi bagi para siswa kita liburkan saja sampai udara benar-benar sehat,” sebutnya. (riki)