oleh

Jutaan Titik Menjadi Sebuah Lukisan

-Dunia-54 views

SALISMA.COM – Apakah hobi anda melukis? Apakah anda pernah melukis yang terbuat dari titik – titik?

Hal itulah yang dilakukan oleh seniman bernama Kyle Leonard, di mana ia menghasilkan sebuah lukisan yang terdiri dari jutaan titik.

Leonard mendapat inspirasi dari alam yang natural serta politik, terutama politik yang memengaruhi individu dalam memperlakukan lingkungan sekitarnya.

Selain itu, ia juga terinspirasi dari banyak seniman yang berbeda seperti Escher, Haeckel, dan seniman jalanan yakni Alexis Diaz dan Phlegm.

-Lukisan_Dari_Jutaan_Titik-Sacramento_2_Seniman asal California itu menghabiskan waktu sekitar 6 hingga 100 jam untuk melukis masing-masing bagian. Banyaknya waktu yang dihabiskan tergantung pada ukuran dan kompleksitas yang dimiliki tiap gambar.

Ia membuat pola-pola gambar terlebih dahulu secara tipis. Kemudian menerapkan metode utamanya yakni gambar titik-titik. Tapi, kadang pula ia menggambar dengan garis atau ukiran.

Warna yang dihasilkan memang tidak beragam, hanya hitam saja. Tapi, dirinya memberikan perbedaan ketebalan warna. Dari situ lah, lukisan itu terlihat nyata.

Baginya, saat membuat sebuah lukisan harus percaya pada naluri kreatif yang dimiliki tiap orang. Ia juga membuat karya yang dinikmati oleh dirinya dan bukan membuat karya yang akan dihargai orang lain.

Tidak semua orang terlahir menjadi seniman yang luar biasa. Mereka harus melakukan praktik membuat karya seni dan kesabaran selama bertahun-tahun, hingga menjadi seorang seniman yang hebat. Demikian dikatakan Leonard, dikutip dari  the puffington pada Jumat (4/9/2015).

(liputan6)