oleh

NASA Mengembangkan Robot Penjelajah Luar Angkasa Terbaru

-Dunia-13 views

SALISMA.COM – NASA telah tengah mengembangkan robot penjelajah luar angkasa terbaru yang dirancang untuk menghadapi lingkungan dengan gravitasi rendah dan medan yang terjal. Robot NASA yang lain dinilai masih kaku dan konvensional, sehingga tidak mampu menembus kondisi permukaan kasar atau gravitasi rendah.

Dilansir dari Daily Mail, bentuk pengembangan yang diterapkan pada robot terbaru ini antara lain mampu berguling bahkan melompat. Konsep ini terinspirasi dari hewan landak. Oleh karena itu robot canggih dengan kemampuan unik ini diberi nama Hedgehog (landak).

“Hedgehog adalah jenis robot yang berbeda. Ia akan melompat dan jatuh ke permukaan, tidak bergulir di atas roda,” terang NASA.

Robot berbentuk kubus ini mempunyai alat berputar dan melakukan pengereman pada setiap sisinya. Alat tersebut juga berfungsi sebagai pelindung robot saat melakukan manuver melompat dan mendarat.

“Alat ini juga memungkinkan untuk mendeteksi suhu pada permukaan ketika robot mendarat,” jelas NASA.

Hedgehog ini memiliki berat yang cukup ringan, yakni sekitar 11 pon atau 5 kg. Akan tetapi jika dipadukan sejumlah perangkat lain seperti kamera dan spektrometer, beratnya akan bertambah menjadi 20 pon atau 9 Kg.

Sekarang ini, robot Hedgehog sedang dikembangkan oleh peneliti NASA di Jet Propulsion Laboratory, Pasadena, California. Untuk proyek ini, NASA menggandeng sejumlah universitas ternama, seperti Stanford University dan Massachusetts Institute of Technology dalam pengembangannya. Namun belum diketahui berapa biaya yang dikeluarkan NASA dalam mengembangkan robot tersebut dan kapan peluncuran diproyeksikan untuk misi ke luar angkasa.

(liputan6)