oleh

Paket September II Dirilis Akhir Bulan

-News-8 views

SALISMA.COM – Belum berselang lama setelah Presiden RI Joko Widodo mengumumkan paket kebijakan September I, pemerintah kini menyusun langkah-langkah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dalam paket kebijakan September II.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution saat ditemui seusai rapat koordinasi di kantornya, Jakarta, Kamis (10/9/2015), menyatakan, paket tersebut ditargetkan bakal diluncurkan pada akhir bulan ini. “Diumumkan kira-kira akhir bulan,” kata dia dilansir dari kompas

Darmin memberikan bocoran bahwa salah satu yang akan dikeluarkan dalam paket September II ialah percepatan penyediaan infrastruktur prioritas. Kebijakan tersebut akan diluncurkan dalam bentuk peraturan presiden. Di dalamnya, dibahas pula mengenai penyederhanaan perizinan untuk infrastruktur prioritas.

“Bagaimana membuat lebih cepat dan bisa paralel. Jangan kemudian satu instansi dulu baru ke yang lain. Walaupun sama-sama dua minggu, kalau instansinya banyak, bisa menjadi banyak minggu. Ya kan,” kata Darmin.

Selain perizinan, perpres ini juga akan menyangkut pengadaan barang dan jasa dan penyediaan lahan.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi mengatakan, banyak hal yang harus diperbaiki. “Bagaimana mempercepat masalah perizinan yang rumit, misalnya izin pelepasan hutan, penggunaan lahan, IMB, SIUP. Ini semua akan dilihat di mana lamanya, sedapat mungkin dipersingkat,” kata Yuddy.

Debirokratisasi dan deregulasi yang tumpang tindih menjadi pekerjaan jangka pendek yang harus diselesaikan. Misalnya, kata Yuddy, perizinan di bidang kelistrikan bisa memakan waktu lebih dari setahun.