Pemkab Indragiri Hilir Sosialisasikan Layanan Klaim Otomatis

SALSISMA.COM (SC), INDRAGIRIHILIR – Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) bekerja sama dengan PT Taspen dan Bank Mandiri Syariah menggelar sosialisasi layanan klaim otomatis.

Hal ini bermanfaat bagi para aparatur sipil negara (ASN) yang akan memasuki batas usia pensiun dalam mengurus berbagai hak yang berkaitan dengan klaimnya maupun sebagainya.

Pelaksana Harian (Plh) Asisten Administrasi III Sekretariat Daerah (Setda) Inhil RM Sudinoto menyampaikan kepada ASN yang memasuki batas usia pensiun, agar benar-benar memperhatikan kegiatan tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi program layanan klaim otomatis ini sebagai suatu kemudahan bagi ASN yang akan memasuki batas usia pensiun,” kata Sudinoto, kemarin.

Sebagai seorang ASN, tentu akan merasakan berbagai hal ketika pensiun. Di antara itu, berkurangnya pendapatan, hilangnya rutinitas pekerjaan dan tidak adanya kewenangan bagi mereka yang memiliki jabatan.

Namun jika hal itu sudah disadari sejak dini, masa pensiun merupakan sebuah kesenangan bahkan mungkin yang ditunggu-tunggu oleh ASN. Karena setelah pensiun secara otomatis, mereka akan lepas dari rutinitas dan kesibukan.

‘’Sisi positifnya kita bisa meluangkan waktu lebih lama untuk berkumpul dengan keluarga,” ujar Sudinoto.

Maka itu dia berpesan kepada ASN yang akan memasuki masa pensiun agar tidak ragu dan berputus asa menghadapi kondisi tersebut. Akan tetapi hendaknya harus memiliki semangat baru untuk kehidupan yang lebih sejahtera.

‘’Kembangkan hobi yang tertunda akibat kesibukan saat menjadi ASN,” harapnya.

Sedangkan perwakilan pihak PT Taspen Cabang Pekanbaru saat itu menjelaskan bahwa sosialisasi dilakukan untuk menginformasikan kepada ASN yang memasuki batas usia pensiun tentang kemudahan mengurus berkas dana pensiun.

Layanan klaim otomatis ini berfungsi agar peserta tidak perlu ke Pekanbaru untuk mengurusnya. Bahkan program itu sendiri telah mendapat penghargaan di Top 99 BUMN di peringkat 40. (*)