Bawaslu RI Temukan 199 Bacaleg Mantan Koruptor, 5 Diantaranya di Riau

SALISMA.COM (SC) – 199 bacaleg mantan koruptor ditemukan oleh Bawaslu RI. Para bacaleg ini tersebar mulai dari bacaleg tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga DPR RI.

Hal tersebut dibenarkan oleh anggota Bawaslu RI, Mochamad Afifuddin. Menurut dia, berdasarkan penelusuran yang dilakukan pihaknya, terdapat 199 bakal calon legislatif (bacaleg) yang merupakan mantan terpidana korupsi.

“Data ini masih sementara, namun memang hasil penelusuran kami ditemukan 199 bacaleg mantan terpidana korupsi dari seluruh Indonesia,” ujar Afifudin, sebagaimana dikutip dari republika.co.id, Kamis 26 Juli 2018.

Sementara itu, Ketua KPU Riau, Nurhamin juga mengakui pihaknya menemukan 5 bacaleg di Riau yang merupakan mantan terpidana korupsi. Hanya saja, pihaknya dilarang untuk menyebutkan nama bacaleg dan partai yang mendaftarkannya.

“Memang ada 5 mantan terpidana korupsi yang kami temukan,” ujar Nurhamin.

Aturan mantan koruptur dilarang maju sebagai caleg sendiri diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018. PKPU ini menyebutkan bahwa mantan terpidana korupsi, mantan terpidana bandar narkoba, dan mantan terpidana kasus kejahatan seksual pada anak dilarang maju sebagai caleg. (bpc)