Mamughai Air Hitam, Air Terjun Indah di Lubuk Jambi yang Tak Banyak Orang Tahu

SALISMA.COM (SC) – Saat ini Lubuk Jambi, Kuantan Singingi (Kuansing), Riau terkenal memiliki wisata Air Terjun Guruh Gemurai. Namun ternyata selain wisata air terjun itu, ada satu lagi air terjun di Lubuk Jambi yang masih belum terjemahan oleh masyarakat. Ialah Air Terjun Mamughai Air Hitam.

Mamughai air hitam terletak di Desa Kasang Kecamatan Kuantan Mudik, Lubuk Jambi, Kuansing, Riau. Air terjun ini terletak tidak begitu jauh dari Air Terjun Guruh Gemurai, Kasang, Lubuk Jambi. Pasalnya ada sungai kecil yang indah di antara keduanya dan bermuara di Air Terjun Mamughai Air Hitam itu.

“Kalau ke air terjun ini sebaiknya ramai ramai, karena hutannya masih asri. Kalau sendiri nanti hilang, jalan masih kecil dan trek lumayan sulit,” ungkap Dino warga setempat saat ditemui Salisma.com, Rabu (10/10/2018).

Untuk sampai ke Air Terjun Mamughai Air Hitam itu, jika dari Air Terjun Guruh Gemurai, maka akan membutuhkan waktu sekitar 10 menit ke arah Kiliran Jao untuk sampai ke tempat parkir kendaraan. Dari tempat parkir, pelancong harus berjalan kaki sejauh 2.5 km.

Sebelum sampai ke air terjun, pelancong akan melewati kebun karet saat melintasi jalan setapak. Dari tempat parkir motor akan melalui hutan rumput resam yang lebih tinggi dari orang dewasa. Berjalan kaki naik turun bukit dengan pemandangan hamparaan hutan hijau perbukitan akan menambah suasana hati kian tenang.

Di sepanjang perjalanan kita akan di temani kicauan burung yang saling bersahutan, serta monyet yang bergelantungan. Aroma udara segar hutan asli pun akan dirasakan selama perjalanan hingga di tujuan.

Sesampainya di lokasi air terjun, pengunjung akan langsung melihat jatuhnya air dari puncak berserakan seperti gemaricik air mengalir tanpa henti. Itulah mengapa di sebut air terjun Mamughai. Sementara air yang terlihat menghitam itu karena dinding air terjun masih dikeliling hutan hijau asri yang masih lebat.

Air Terjun Mamughai Air Hitam ini diperkirakan setinggi 15 meter dengan lebar kurang lebih 6 meter. Berbentuk landai serta bertingkat dengan kolam buatan alam di dasar. Pengunjung pun bisa berenang atau berendam di dalamnya. (smg1)