Liburan ke Negeri Seribu Parit, Ini Oleh-oleh Khas Inhil

SALISMA.COM (SC) – Tembilahan, Inhil, dijuluki dengan negeri seribu parit. Bagi Anda yang berkunjung jangan khawatir dan tidak perlu pusing untuk memilih buah tangan apa untuk dibawa pulang.

Negri seribu parit ini, terkenal dengan kawasan wisata belanja barang-barang pakaian bekas di pinggir sungai, tapi tidak hanya itu, di tempat ini Anda juga bisa membawa oleh-oleh berupa makanan khas daerah.

Di tempat ini, terdapat 50 lebih jenis oleh-oleh, di antaranya amplang udang, kripik pisang, kue bangkit dari sagu dan lainnya. Jenis oleh-oleh ini juga mudah ditemukan.

“Produksi ini dilakukan secara tradisional dengan bahan dari daerah tetsebut dan tanpa bahan seperti pengawet atau semacamnya,” ujar Nur Ihsanshah, pemilik usaha oleh-oleh di Tembilahan, seperti dikutip salisma.com dari bertuahpos.

Sedangkan untuk amplang, kerupuk pisang, dalam perharinya bisa memproduksi 100 kg secara bergantian.

Pusat oleh-oleh khas Tembilahan ini kerap kali dikunjungi oleh wisatawan dari luar negeri diantaranya dari Malaysia, Singapura, Vietnam, Arab Saudi dan Thailand. Tentunya demikian pula dengan wisatawan lokal seperti asal Pekanbaru, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Aceh.

“Omzet dalam perbulan kami rata-rata bisa mencapai Rp40-50 jutaan, katanya. (bmg)

Share