Ini Pencapaian dan Kemajuan yang Diraih Kabupaten Pelalawan Satu Tahun Terakhir

SALISMA.COM – Pada Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Kabupaten Pelalawan ke–19, Kamis 11 Oktober 2018 bertempat di gedung daerah Datuk Laksamana Mangku Diraja Pangkalan Kerinci, Bupati Pelalawan HM. Harris menyampaikan berbagai kemajuan yang diraih Kabupaten Pelalawan setahun terakhir.

Dalam sambutannya, seperti yang dilansir riaudetilcom, bupati menyebutkan sejumlah pencapaian dan kemajuan yang diraih Pelalawan antara lain, Terjadinya peningkatan ekonomi di Kabupaten Pelalawan yang lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Laju Pertumbuhan ekonomi di kabupaten pelalawan pada tahun 2017 -2018 sebesar 4,10 % meningkat tajam dari tahun sebelumnya 2,96 % dan mondisi ini lebih baik dari rata – rata pertumbuhan ekonomi propinsi Riau 2,71%. Jumlah masyarakat miskin di Kabupaten Pelalawan semakin menurun, dimana saat ini sebesar 10,25 % lebih rendah dari tahun sebelumnya 10,78 %.

Tingkat Pengangguran 3,55 % menurun jauh dibanding tahun sebelumnya 5,64 % dan jauh dibawah rata rata tingkat pengangguran terbuka propinsi Riau 6,22 persen.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kabupaten pelalawan meningkat dari 69,82 % menjadi 70,59 dan masuk kategori tinggi di Propinsi Riau tahun

Pengeluaran perkapita riil penduduk Kabupaten Pelalawan mengalami peningkatan dari 11,641 juta pada tahun 2016 menjadi 11,725 juta pada tahin 2017

Bidang pendidikan, terus melengkapai sarana dan prasarana berupa pembangunan ruang kelas baru, penambahan mobiler serta sarana pendukung lainnya.

Kesehatan, Pemkab Pelalawan terus berkomitmen wujudkan masyarakat sehat menuju pelalawan emas dimana 6 dari 14 puskesmas berhasil meraih sertifikat akreditasi dari kemenkes RI dengan target selutuh puskesmas di pelalawan terakreditasi.

Upaya penyehatan lingkungan semakin diintensifkan terutama pengiatan upaya -upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Upaya pengelolaan lingkungan, Pemkab Pelalawan masuk 12 besar nominasi penerima Nirwasita Tantra Award dari Pemerintah pusat kepada kepala daerah yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan.

Pembangunan infrastruktur semakin lebih baik berupa pembangunan berbagai ruas jalan, jembatan, dermaga, prasana air minum dan prasarana listrik. Tingkat rasio elektrifikasi rumah tangga di Pelalawan mencapai 84 % meningkat dari tahun 2016-2017 80,87 %.

Bidang tata kelola pemerintahan berbagai kemajuan yang dicapai keberhasilan mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap akuntabilitas laporan keuangan yang tahun 2018 ini tahun ke 6 diraih. Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) dimana Pelalawan berada di Level 3 dan masuk.

Indeks kepuasan masyarakat dan peringkat penyelenggaraan pemerintah serta perbaikan nilai hasil evaluasi kinerja pemerintah menjadi CC pada tahun 2018.

Sebagai implementasi dari visi inovasi

Menuju Pelalawan Emas, di tahun 2018 seluruh perangkat daerah termasuk pemerintah kecamatan telah menciptakan dan melaksanakan inovasi pelayanan kepada masyarakat. Dari 41 perangkat daerah di Pelalawan terdaftar 44 inovasi kerja dan inovasi pelayanan guna mendorong efisiensi dan efektifitas kerja dan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan.

Atas komitmen Pemkab dalam mengelola inovasi administrasi negara, Lembaga Administrasi Begara RI akan memberikan penghargaan kepada Bupati Pelalawan 30 Oktober mendatang.

Sektor pertanian semakin berhasil meningkatkan produksi dan produktifitas padi, peternakan, perikanan dan perkebunan.

Sektor pariwisata terus dilakukan pembenahan dan pembangunan sarana dan prasarana wisata bono dan objek eko wisata danau tajwid. Jumlah wisatawan semakin meningkat bahkan event wisata festival bekudo bono masuk kalender wisata nasional yang digelar setiap bulan november 2018,” tukas Bupati. (***)